Buronan Nomor Satu Thailand Ditangkap di Bali, Anggota Gangster Ternama dengan Identitas Palsu

- 2 Juni 2024, 17:42 WIB
Kabareskrim Polri Komjen. Pol. Wahyu Widada dalam konferensi pers, Minggu 2 Juni 2024, menjelaskan penangkapan gangster Thailand
Kabareskrim Polri Komjen. Pol. Wahyu Widada dalam konferensi pers, Minggu 2 Juni 2024, menjelaskan penangkapan gangster Thailand /dok/tribrata

 

Layar Berita - Buronan nomor satu Thailand, Thongduang Chaowalit, berhasil ditangkap oleh Bareskrim Polri di Bali pada Kamis 30 Mei 2024. Chaowalit, yang merupakan anggota gangster ternama di Thailand, melarikan diri saat menjalani perawatan di rumah sakit dan kabur ke Indonesia dengan menggunakan identitas palsu bernama Sulaiman.

Penangkapan Chaowalit merupakan hasil kerja sama antara Polri dengan kepolisian Thailand. Berawal dari diterbitkannya red notice dan permohonan penangkapan dari Thailand, tim penyidik Polri langsung bergerak dan berkoordinasi dengan Polda Bali.

Setelah mendapatkan petunjuk melalui akun Gojek yang diduga digunakan Chaowalit selama di Bali, tim akhirnya menemukan lokasi persembunyiannya di Apartemen Kembar, Jalan Dewi Sri XII Nomor 2X.

Baca Juga: Direktorat Siber Bareskrim Bongkar Kasus Email Compromise, Rugikan Perusahaan di Singapura Mencapai 32 Miliar

"Pada sekira pukul 23.00 WITA, tim berhasil menemukan posisi target dan menangkapnya," ujar Kabareskrim Polri Komjen. Pol. Wahyu Widada dalam konferensi pers, Minggu 2 Juni 2024.

Menurut Kabareskrim, Chaowalit kabur dari Thailand melalui jalur laut dan masuk ke Indonesia melalui Muara Langu Aceh Tamiang menggunakan speed boat selama 17 jam. Di Indonesia, Chaowalit menggunakan identitas palsu dan menetap di Bali.

Chaowalit merupakan buronan kasus penghilangan nyawa dan tercatat sebagai anggota gangster nomor satu di Thailand. Saat melarikan diri dari tahanan, Chaowalit juga diketahui menembaki sejumlah aparat penegak hukum di Thailand.

"Melarikan diri dengan menembak anggota kehakiman dan ini menjadi tekanan bagi aparatur penegak hukum di sana," jelas Kadiv Hubinter Polri Irjen. Pol. Krishna Murti.

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: Tribrata News


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah