Tour de France 2024 Tahap I, Jersey Kuning untuk Bardet di Rimini

- 30 Juni 2024, 00:42 WIB
Tour de France 2024 Tahap I, Jersey Kuning untuk Bardet di Rimini
Tour de France 2024 Tahap I, Jersey Kuning untuk Bardet di Rimini /dok/letour.fr

 

Layar Berita – Pada hari bersejarah di Italia, Romain Bardet meraih kemenangan Tahap 1 di tepi laut Rimini, mengamankan Yellow Jersey dengan penampilan gemilang untuk Tim dsm-firmenich PostNL. Pembalap Prancis ini diikuti oleh rekan setimnya, Frank Van den Broek, yang bekerja sama dengan cemerlang untuk mengatur kemenangan.

Sementara itu, Wout van Aert (Visma-Lease a Bike) berada di urutan ketiga, memimpin peloton hingga finis 5 detik di belakang dua pembalap terdepan. Ini adalah kemenangan tahap keempat Bardet di Grande Boucle dan Yellow Jersey pertama dalam kariernya, yang akan berakhir setelah Giro d'Italia 2025.

Bardet dan dsm-firmenich akan menikmati posisi sebagai pemimpin Tour di tahap kedua hari Minggu ini, yang akan menempuh jarak 199,2 km antara Cesenatico dan Bologna. Ke-176 pembalap dalam daftar start semuanya hadir untuk Grand Départ Italia yang pertama.

Baca Juga: Tim Pertamina Enduro VR46 Siap Hadapi MotoGP Belanda 2024

Peloton mengayuh sepanjang jalan-jalan indah Florence, berhenti sebentar di Palazzo Vecchio dan melintasi Ponte Vecchio yang ikonik dengan rute yang dinetralkan melalui ibu kota Tuscan. Setelah balapan dimulai pada edisi ke-111 Tour de France ini, terdapat banyak serangan awal, dengan para pebalap merasakan bahwa karakteristik etape pembuka dapat memberikan peluang sukses bagi breakaway.

Akhirnya, Matej Mohoric (Bahrain Victorious), Valentin Madouas (Groupama-FDJ), Ion Izagirre (Cofidis), Clément Champoussin (Arkéa-B&B Hotels), Frank Van den Broek (Team dsm-firmenich PostNL), Sandy Dujardin, dan Matteo Vercher (TotalEnergies) berhasil membentuk breakaway pada km 17.

Uno-X berulang kali mencoba melakukan serangan balik hingga Jonas Abrahamsen berhasil bergabung dengan Ryan Gibbons (Lidl-Trek). Duo ini memimpin balapan di km 41, di tengah pendakian Col de Valico Tre Faggi (Kategori 2, km 49,7).

Vercher kemudian tertinggal, dan kelompok breakaway mencapai keunggulan maksimal (6'00", km 46) sebelum EF Education-EasyPost mengambil alih kendali peloton. Izagirre berada di puncak pendakian pertama, dengan breakaway yang unggul 5'10” atas grup utama. Abrahamsen adalah yang pertama mencapai puncak Côte des Forche (Kategori 3, km 77,8). Jarak mereka berkurang menjadi 3'40” sebelum sprint menengah di Santa Sofia (IS, km 86,6).

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: letour.fr


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah