Ayo Hadiri! Pemko Lhokseumawe Gelar Pasar Tani dan Gerakan Pangan Murah Jelang Idul Adha

- 11 Juni 2024, 17:13 WIB
Pj Wali Kota Lhokseumawe A.Hanan saat kegiatan Pasar Tani di Lhokseumawe
Pj Wali Kota Lhokseumawe A.Hanan saat kegiatan Pasar Tani di Lhokseumawe /dok/Humas Lhokseumawe

 

Layar Berita – Menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1445H/2024M, Pemerintah Kota (Pemko) Lhokseumawe kembali mengadakan Pasar Tani untuk memastikan ketersediaan pangan dan stabilisasi harga melalui Gerakan Pangan Murah.

Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak seperti Dinas Kelautan, Perikanan dan Pertanian, Bulog, Pertamina, para petani, dan Bank Aceh. Acara berlangsung di depan SD 12 Banda Sakti, Mon Geudong, Kota Lhokseumawe mulai pukul 09.00 WIB, Rabu 12 Juni 2024.

Pj Walikota Lhokseumawe A Hanan, SP, MM mengajak masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan ini guna memperoleh kebutuhan pokok dengan harga terjangkau dan mendukung perekonomian lokal melalui pembelian produk dari petani dan pelaku usaha mikro.

Baca Juga: Pemko Lhokseumawe Gelar Rapat Forkopimda Jelang Idul Adha 1445 H

“Kegiatan ini tidak hanya mendukung petani lokal tetapi juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memperoleh produk segar dan berkualitas langsung dari sumbernya. Seperti kita tahu, Pasar Tani ini mempertemukan langsung antara petani dan pembeli sehingga harganya lebih murah,” ujar Pj Walikota Lhokseumawe.

Komoditas dan Ketersediaan Pangan

Pasar Tani akan menyediakan berbagai komoditas penting dengan jumlah minimal yang telah ditentukan sesuai dengan kesepakatan bersama Bulog. Komoditas yang disediakan antara lain:

  • Beras sebanyak 3.5 ton
  • Minyak goreng sebanyak 500 kg
  • Telur ayam sebanyak 100 papan
  • Bawang merah sebanyak 100 kg
  • Cabai merah sebanyak 100 kg

Inisiatif ini bertujuan memastikan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pangan mereka dengan harga terjangkau menjelang perayaan Idul Adha.

Untuk mendukung kebutuhan energi rumah tangga, Pertamina akan menyediakan sekitar 200 tabung gas 3 kg. Langkah ini diambil untuk memastikan ketersediaan bahan bakar rumah tangga yang sering digunakan masyarakat, terutama saat mempersiapkan perayaan hari besar seperti Idul Adha.

Halaman:

Editor: Agustiar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah