Calon Mahasiswa Baru Mendaftar di UIN Ar-Raniry Naik 300 Persen

- 28 Maret 2024, 15:48 WIB
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Prof Muhammad Yasir Yusuf
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Prof Muhammad Yasir Yusuf /acehprov

Layar Berita - Minat pendaftar mahasiswa baru pada tahun 2024, pada Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry di Banda Aceh, Provinsi Aceh, terlihat sangat signifikan dibanding tahun sebelumnya.  

Untuk jalur SPAN-PTKIN, kenaikannya mencapai 300% dibanding tahun sebelumnya. Berdasarkan data, UIN Ar-Raniry menduduki posisi ke-2 se-Sumatera dan ke-11 secara nasional di antara Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Prof Muhammad Yasir Yusuf mengungkapkan, pada 2024 jumlah calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur SPAN-PTKIN mencapai 8.604, naik drastis dari 2.015 pendaftar pada tahun 2023.

Baca Juga: Melalui Lima Jalur Pendaftaran Berbeda, UIN Ar-Raniry Terima 7.175 Mahasiswa Baru 2024, Catat Jadwalnya

“Alhamdulillah, kita bersyukur jumlah peminat yang ingin menjadi mahasiswa UIN Ar-Raniry melalui jalur SPAN-PTKIN tahun 2024 ini meningkat 300 persen dari tahun sebelumnya, yaitu mencapai 8.601 orang peminat, dari kuota 1.992 yang tersedia,” ujar Yasir, Rabu 27 Maret 2024.

Sementara itu, Ketua Admisi UIN Ar-Raniry, Muammar Yulian menjelaskan, peningkatan tersebut tidak terlepas dari akreditasi unggul yang diraih UIN Ar-Raniry dan peningkatan fasilitas serta layanan akademik yang terus diprioritaskan.

“Dalam konteks ini, peningkatan animo calon mahasiswa tidak lepas dari pencapaian UIN Ar-Raniry yang telah terakreditasi unggul, serta upaya berkelanjutan dalam meningkatkan fasilitas dan layanan akademik yang dilakukan oleh pimpinan UIN Ar-Raniry," ungkapnya.

Muammar yang juga merupakan Ketua Prodi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi tersebut berharap peningkatan minat ini berlanjut melalui jalur pendaftaran lainnya, termasuk UTBK-SNBT dan UM-PTKIN, serta jalur mandiri yang akan diumumkan kemudian.

“Kita berharap agar peningkatan jumlah peminat calon mahasiswa untuk kuliah di UIN Ar-Raniry juga bertambah melalui jalur pendaftaran yang sedang dan akan dibuka, meliputi jalur UTBK-SNBT pada 21 Maret – 5 April 2024 dan UM-PTKIN pada 17 April hingga 15 Juni 2024, serta jalur mandiri yang jadwalnya akan diumumkan dalam waktu yang akan datang,” bebernya.***

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: acehprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah