Melalui Lima Jalur Pendaftaran Berbeda, UIN Ar-Raniry Terima 7.175 Mahasiswa Baru 2024, Catat Jadwalnya

- 23 Maret 2024, 00:38 WIB
Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Mujiburrahman
Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Mujiburrahman /Dok/pemerintah aceh

Layar Berita - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, pada tahun akademik 2024 akan menerima sebanyak 7.175 mahasiswa baru melalui berbagai jalur pendaftaran. 

Adapun jalur pendaftaran tersebut tersedia pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Kementerian Agama (Kemenag) dan UIN Ar-Raniry secara Mandiri.

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Mujiburrahman mengungkapkan, dalam upaya meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat, pihaknya akan menerima calon mahasiswa baru melalui lima jalur pendaftaran yang berbeda.

Baca Juga: Perkuat Mutu Pendidikan dan Pelayanan. Rektor IAIN Lhokseumawe Lantik 31 Pegawai PPPK

"Ada lima jalur penerimaan mahasiswa baru UIN Ar-Raniry, mencakup dua jalur dari Kemdikbud, yaitu SNBP dan UTBK-SNBT, serta dua jalur dari Kemenag, yaitu SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN,” ujar Mujib, Kamis 21 Maret 2024.

Selain itu, terdapat satu jalur penerimaan langsung melalui UIN Ar-Raniry sendiri, yaitu Jalur Mandiri atau PMB Lokal, jelasnya.

Menurut dia, saat ini penerimaan melalui Jalur SNBP dan SPAN-PTKIN telah ditutup. Pada Jalur SPAN-PTKIN, jumlah peminat mencapai 8.601 orang, meningkat signifikan dari tahun sebelumnya yang hanya 2.015 orang.

“Selanjutnya UIN Ar-Raniry akan membuka penerimaan mahasiswa melalui jalur UTBK-SNBT Kemdikbud mulai tanggal 21 Maret hingga 5 April 2024,” terangnya.

Rektor menyebutkan, pada jalur UTBK-SNBT ini, UIN Ar-Raniry akan membuka kesempatan untuk 16 program studi.

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: acehprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x