Angkasa Pura Airports Raih Penghargaan APEX in Security dari ACI

- 25 Juni 2024, 15:59 WIB
Angkasa Pura Airports menerima penghargaan APEX Partner Special Recognition Awards dari organisasi kebandarudaraan dunia Airports Council International.
Angkasa Pura Airports menerima penghargaan APEX Partner Special Recognition Awards dari organisasi kebandarudaraan dunia Airports Council International. /dok/angkasapura

 

Layar Berita - Angkasa Pura Airports kembali menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan layanan bandara yang aman dan berstandar internasional. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan Airport Excellence (APEX) in Security Partner Special Recognition Awards dari organisasi kebandarudaraan dunia, Airports Council International (ACI).

Penghargaan bergengsi ini diterima pada 22 Mei 2024 dalam Forum ACI World Annual Global Assembly, Conference, and Exhibition (WAGA) di Riyadh, Arab Saudi. Penghargaan diserahkan oleh Director General ACI World, Luis Felipe de Oliveira kepada Direktur Utama Angkasa Pura Airports, MMA Indah Preastuty.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi ACI atas dedikasi Angkasa Pura Airports dalam menerapkan program APEX in Security sejak tahun 2016. Program ini bertujuan untuk meningkatkan standar keamanan bandara sesuai dengan regulasi internasional ICAO Annex dan ICAO Document.

Baca Juga: Bandara IKN Ditargetkan Beroperasi 1 Agustus 2024, Siap Sambut Hari Kemerdekaan

Berikut Delapan Bandara Angkasa Pura Airports telah mengikuti program APEX in Security:

  • Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali (2016)
  • Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan (2016)
  • Bandara Juanda Surabaya (2017)
  • Bandara Sultan Hasanuddin Makassar (2017)
  • Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang (2019)
  • Bandara Internasional Yogyakarta Kulon Progo (2023)
  • Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok (2023)
  • Bandara Sam Ratulangi Manado (akan selesai pada September 2024)

Angkasa Pura Airports merupakan perusahaan pengelola bandara dengan jumlah bandara terbanyak di regional Asia-Pasifik yang mengikuti program APEX in Security. Secara global, terdapat 34 bandara yang mengikuti program ini.

Melalui program APEX in Security, ACI melakukan:

  • Review terhadap standar keamanan bandara, meliputi SDM, fasilitas, dokumen, dan manajemen mutu.
  • Asesmen terhadap standar keamanan bandara berdasarkan parameter regulasi internasional ICAO Annex dan ICAO Document.
  • Pemberian rekomendasi kepada pengelola bandara untuk meningkatkan standar keamanan bandara.

Direktur Utama Angkasa Pura Airports, MMA Indah Preastuty, menyatakan bahwa "standar keamanan bandara merupakan fokus utama Angkasa Pura Airports. Dengan standar keamanan yang terpenuhi, pemenuhan terhadap standar layanan dan operasional pun akan optimal, sehingga berdampak positif terhadap kenyamanan pengguna jasa bandara."

Pencapaian ini merupakan bukti nyata komitmen Angkasa Pura Airports dalam menghadirkan bandara yang aman dan nyaman bagi seluruh pengguna jasa. Kedepannya, Angkasa Pura Airports akan terus meningkatkan standar keamanan dan layanannya agar menjadi bandara terbaik di Indonesia dan berkelas dunia.***

Editor: Agustiar

Sumber: ap1.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah