Menteri ESDM Arifin Tasrif: Kualitas SDM Kunci Sukses Pembangunan Nasional

- 24 Juni 2024, 18:00 WIB
Pembukaan pelatihan teknis pelaksana kementerian ESDM
Pembukaan pelatihan teknis pelaksana kementerian ESDM /dok/esdm

 

Layar Berita - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, secara resmi membuka Pelatihan Teknis Pelaksana Tahun 2024 di Gedung Sarulla Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM.

Pelatihan ini diikuti oleh 132 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari Angkatan Tahun 2022 dan 2023 di lingkungan Kementerian ESDM, dengan fokus utama pada pemahaman dan identifikasi tahapan kegiatan di bidang energi dan sumber daya mineral, terutama sektor industri.

Arifin menegaskan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari komitmen Kementerian ESDM untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di sektor energi dan sumber daya mineral.

Baca Juga: Layanan Keimigrasian Mulai Pulih Pasca-Gangguan PDNS 2

"Pelatihan ini adalah wujud nyata komitmen kami dalam meningkatkan kualitas SDM. Melalui pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam memahami dan mengidentifikasi tahapan kegiatan di bidang ESDM," ujar Arifin dalam sambutannya.

Menurut Arifin, Kementerian ESDM memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional, dengan kontribusi yang signifikan terhadap nilai investasi Indonesia. Pada tahun 2023, sektor ESDM menyumbang USD30,3 miliar terhadap nilai investasi nasional, dan angka ini diharapkan terus meningkat di tahun-tahun mendatang. Oleh karena itu, keberhasilan sektor ESDM sangat bergantung pada kualitas SDM yang mengelolanya.

Pentingnya Kualitas SDM dalam Pembangunan Nasional

Arifin menjelaskan bahwa peningkatan kualitas SDM merupakan kunci keberhasilan pembangunan nasional, terutama dalam menghadapi isu-isu strategis di sektor ESDM. "Peningkatan kualitas sumber daya manusia adalah kunci keberhasilan pembangunan nasional, khususnya bagi Kementerian ESDM untuk menjawab isu-isu strategis pembangunan yang berkembang di sektor ini," jelas Arifin.

Kementerian ESDM telah merencanakan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas SDM, termasuk melalui pelatihan, pelatihan tambahan, program magang, dan sertifikasi. Arifin berharap, melalui program-program ini, pegawai Kementerian ESDM akan memiliki pemahaman yang baik tentang semua kegiatan yang dilakukan di sektor ini sebelum mengambil tugas penting yang akan membantu memajukan sektor ESDM di Indonesia, terutama yang berkaitan dengan industri.

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: esdm.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah