Tingkatkan Kontribusi Ekonomi Digital, Indonesia Butuh 9 Juta Talenta

- 27 Maret 2024, 23:23 WIB
Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria.
Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria. /Dok/InfoPublik

 

Layar Berita - Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria menyatakan Indonesia membutuhkan sebanyak sembilan juta talent digital agar dapat mengoptimalkan ekonomi digital nasional.  Lantaran saat ini, ekonomi digital belum memberikan kontribusi yang signifikan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) di Indonesia. 

Oleh karena itu, Pemerintah terus berupaya agar digital divide berkurang dengan menargetkan kurang lebih 50 juta orang untuk mengikuti Program Literasi Digital. 

"Untuk yang digital talent kita membutuhkan sekitar sembilan juta orang di Tahun 2030 untuk bisa mendongkrak ekonomi digital tadi. Kontribusi ekonomi digital terhadap PDB bisa lebih tinggi kalau digital talent bisa kita siapkan dengan baik," ungkapnya dalam Digital Economic Dialogue di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa 26 Maret 2024. 

Baca Juga: Pemerintah Indonesia akan Salurkan Bantuan Kesehatan untuk Palestina dan Sudan

Lanjut Nezar Patria, secara global, kontribusi ekonomi digital didominasi negara-negara maju, seperti Amerika Serikat dan China yang sudah mencapai di atas 50% terhadap PDB. Di ASEAN, posisi Indonesia masih berada di bawah Vietnam, Singapura dan Thailand. 

"Kontribusi ekonomi digital kita untuk PDB masih kecil, belum begitu besar, masih di bawah 10% dibandingkan dengan negara-negara seperti AS, China yang sudah di atas 50%. Dengan negara-negara ASEAN sekali pun kontribusi kita juga masih di bawah Singapura, Vietnam dan di bawah Thailand," tuturnya.

Meski demikian, Nezar meyakini Indonesia memiliki potensi besar dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi digital di ASEAN. Menurutnya, pada Tahun 2030, kontribusi ekonomi digital ASEAN diproyeksikan mencapai kurang lebih USD1 Triliun.

"Dari Indonesia sendiri itu berkontribusi hampir 40% sekitar USD366 Miliar. Jadi kita bisa bayangkan bahwa kita adalah kekuatan yang besar di ASEAN," tandasnya. 

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: Infopublik.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x