Pemerintah Indonesia akan Salurkan Bantuan Kesehatan untuk Palestina dan Sudan

- 27 Maret 2024, 15:29 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy
Menko PMK Muhadjir Effendy /dok/pmk

 

Layar Berita - Pemerintah Indonesia telah menerima permintaan bantuan untuk Palestina dan Sudan, lewat Pemerintah Mesir yang ditujukan untuk membantu penanganan kesehatan rakyat Palestina yang saat ini banyak mengungsi di Mesir.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, usai melaksanakan Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RTM) Membahas Bantuan Penanganan Darurat Kesehatan Palestina dan Sudan pada Selasa 26 Maret 2024.

"Pemerintah Republik Indonesia akan memberikan bantuan kepada Palestina dan Sudan yang nilainya masing-masing 1 juta USD," ujar Menko Muhadjir.

Baca Juga: Pemerintah Permudah Pelayanan Kepabeanan Barang Bawaan ke Luar Negeri

Sementara itu lanjutnya, permintaan dari Pemerintah Sudan ditujukan untuk membantu masalah krisis kesehatan masyarakatnya, lantaran dampak konflik internal.

Adapun sumber pendanaan bantuan menggunakan Dana Siap Pakai (DSP) dan Dana Kedaruratan melalui BNPB, yang selanjutnya akan disalurkan sesuai dengan apa yang diusulkan dari Kementerian Luar Negeri.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyampaikan bahwa dari pihak Palestina dan Sudan sudah menyampaikan daftar berbagai macam kebutuhan untuk penanganan krisis kesehatan.

Khusus bantuan kepada Palestina, akan menambahkan atau melengkapi dari bantuan-bantuan yang telah diberikan sebelumnya oleh pemerintah dan pihak swasta. Pemerintah Indonesia juga berencana memberikan bantuan melalui jalur udara yang diberikan untuk rakyat Gaza Utara.

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: InfoPublik.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x