Setop Menggunakan Ear Candle, Ini Cara Menjaga Kesehatan Telinga yang Tepat

- 14 Juni 2024, 16:05 WIB
Ilustrasi menjaga kebersihan telinga
Ilustrasi menjaga kebersihan telinga /dok/Canva

 

Layar Berita - Telinga terdiri dari beberapa bagian yang masing-masing memiliki fungsi berbeda. Misalnya, daun telinga berfungsi mengarahkan suara ke dalam lubang telinga, yang kemudian diteruskan ke bagian dalam telinga untuk diterjemahkan oleh otak.

Kesehatan dan kebersihan telinga seringkali kurang diperhatikan oleh sebagian orang. Padahal, telinga adalah organ penting yang berfungsi sebagai indera pendengar dan penyeimbang tubuh. Jika tidak terawat dengan baik, maka telinga dapat mengalami gangguan pendengaran dan keseimbangan.

Mengingat hal tersebut, maka penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan telinga agar terhindar dari berbagai masalah. Pasalnya, selain mempengaruhi pendengaran, gangguan pada telinga juga dapat mengganggu keseimbangan tubuh.

Baca Juga: Waspada! Garam: Musuh Tersembunyi di Balik Eksim yang Menggatal

Penyebab Gangguan Pendengaran

  1. Penumpukan cairan di telinga bagian tengah akibat pilek.
  2. Penumpukan kotoran telinga yang menyumbat saluran telinga.
  3. Adanya benda asing di saluran telinga.
  4. Infeksi telinga tengah.
  5. Infeksi telinga luar.
  6. Kerusakan atau gangguan pada tuba eustachius.

Gejala gangguan pendengaran yang umum terjadi adalah, suara terdengar lebih pelan, volume TV atau musik harus disetel lebih keras, telinga berdenging, kesulitan mendengar percakapan, terutama di tempat ramai, kesulitan mendengar suara konsonan dan nada tinggi, harus berkonsentrasi keras untuk mendengar percakapan, serta sering meminta orang lain mengulang pembicaraan.

Jika Anda mengalami hal diatas atau telah merasakan adanya penurunan kemampuan pendengaran secara bertahap, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter THT.  Hal tersebut dirasakan sangat penting untuk mengantisipasi gejala yang tidak baik terhadap kesehatan telinga Anda.

Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Berikut ini beberapa cara untuk menjaga kesehatan telinga dengan tepat:

1. Berhenti Mengorek Telinga

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: Dinkes Aceh


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah