Wujudkan Lhokseumawe Kota Layak Anak, Pemko Lhokseumawe Teken MoU dengan UNICEF dan YADUA

- 17 April 2024, 20:35 WIB
Wujudkan Lhokseumawe Kota Layak Anak, Pemko Lhokseumawe Teken MoU dengan UNICEF dan YADUA
Wujudkan Lhokseumawe Kota Layak Anak, Pemko Lhokseumawe Teken MoU dengan UNICEF dan YADUA /Dok/pemko lhokseumawe

 

Layar Berita - Pemerintah Kota Lhokseumawe menjalin kerjasama dengan UNICEF dan Yayasan Darah Untuk Aceh (YADUA), untuk mempercepat cakupan akta kelahiran dan imunisasi menuju 100%.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Dinas Kesehatan, Dinas Pencatatan Kependudukan dan Catatan Sipil, serta Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengenalan Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Lhokseumawe dengan UNICEF dan YADUA di Aula Dinas PP, PA, Dalduk, dan KB Kota Lhokseumawe, Selasa 17 April 2024.

MoU ditandatangani langsung oleh tiga kepala organisasi perangkat daerah terkait, yaitu Salahuddin Kepala Dinas PP, PA, Dalduk, dan KB, Safwaliza Kepala Dinas Kesehatan  dan Munir Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemko Lhokseumawe.

Baca Juga: Hari Perdana Masuk Kantor, PJ Wali Kota Lhokseumawe Sidak Instansi Pelayanan Publik

Dalam sambutannya, Salahuddin menekankan bahwa kerjasama ini bukan hanya sekadar perjanjian di atas kertas, melainkan juga merupakan upaya konkret untuk mewujudkan visi Kota Lhokseumawe sebagai tempat yang layak bagi anak-anak.

”Kerja sama ini bertujuan untuk mencapai target 100% cakupan akta kelahiran dan imunisasi HBO bagi bayi baru lahir di Kota Lhokseumawe. Hak-hak anak harus menjadi prioritas bersama dalam langkah-langkah ini,” ujar Salahuddin.

Sementara itu, Program Coordinator Yayasan Darah untuk Aceh (YADUA) menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari serangkaian upaya sebelumnya di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Hasil analisis menunjukkan terdapat kesenjangan dalam cakupan akta kelahiran dan imunisasi HB0.

Menurut Hendriyadi Daeng Sila, Staff Perlindungan Anak UNICEF Perwakilan Aceh, bahwa melalui perjanjian kerjasama ini akan memaksimalkan peran sumber daya dan praktik baik yang ada dinas terkait.

Halaman:

Editor: Agustiar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x