Uji Coba Starlink Digelar Mei 2024, Menkominfo Pilih Lokasi IKN

- 17 April 2024, 13:48 WIB
Menkominfo Budi Arie Setiadi
Menkominfo Budi Arie Setiadi /dok: humas kominfo

 

Layar Berita - Pemerintah telah membuka kesempatan bagi seluruh Perusahaan baik lokal dan asing, termasuk perusahaan asal Amerika Serikat Space X, untuk ikut membuka layanan telekomunikasi di Indonesia, khususnya di IKN.

Mengingat inilah, (IKN), Provinsi Kalimantan Timur.

“Rencananya Mei 2024 nanti, kita tunggu saja. Tanggalnya belum tapi kisarannya bulan Mei,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, di sela-sela acara Halalbihalal Kementerian Kominfo di Lapangan Anantakupa Kementerian Kominfo, Jakarta, pada Selasa 16 April 2024.

Baca Juga: Pemerintah Indonesia Serukan Deeskalasi Konflik di Timur Tengah

Namun, perusahaan transportasi luar angkasa swasta yang didirikan Elon Musk itu juga harus memenuhi semua regulasi yang ada di Indonesia sebelum bisa menjalankan bisnisnya di Tanah Air.

“Kita maunya level of playing field-nya sama dan kita fair memberi kesempatan mereka (Starlink) untuk ikut. Tapi harus memenuhi semua regulasi dan ada dan berlaku di Indonesia,” tegas Menkominfo.

Budi Arie menjelaskan, pemilihan Kawasan IKN sebagai tempat uji coba starlink di Indonesia bukan tanpa alasan.

Sebab, IKN adalah kawasan yang baru dibangun atau dikembangkan pemerintah di daerah hutan Kalimantan sehingga tidak memiliki infrastruktur telekomunikasi memadai.

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: kominfo.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x