Kesiapan Akomodasi PON XXI Aceh-Sumut 2024 Capai 90 Persen

- 11 Juni 2024, 17:00 WIB
Menpora Dito Ariotedjo (baju biru dongker) saat meninjau pembangunan Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh sebagai arena utama PON Aceh, di Banda Aceh, Sabtu 18 Mei 2024.
Menpora Dito Ariotedjo (baju biru dongker) saat meninjau pembangunan Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh sebagai arena utama PON Aceh, di Banda Aceh, Sabtu 18 Mei 2024. /Antara

 

Layar Berita – Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB-PON) XXI Aceh-Sumut 2024 menyatakan bahwa persiapan akomodasi untuk event tersebut di wilayah Aceh sudah hampir maksimal, mencapai sekitar 90 persen.

"Sejauh ini kesiapan akomodasi sudah sekitar 80-90 persen. Karena di kabupaten/kota juga sudah siap," ungkap Ketua Bidang Akomodasi PB-PON Wilayah Aceh, Akmil Husen, dalam keterangan kepada Antara di Banda Aceh, Senin 11 Juni 2024.

Meski demikian, Akmil menjelaskan bahwa masih terdapat kendala terkait data riil peserta, khususnya nama-nama serta jenis kelamin atlet, official, dan perangkat pertandingan. Informasi ini penting untuk penempatan kamar yang sesuai.

Baca Juga: Jelang Perhelatan PON XXI Aceh-Sumut, Pembangunan Sumut Sport Center Rampung Akhir Juli

"Kendalanya bukan terkait jumlah keseluruhan peserta, melainkan nama-nama serta jenis kelamin yang datang nantinya. Diperlukan untuk memudahkan penentuan kamar. Nama-namanya belum dapat, kalau kita atur sekarang, bisa jadi nanti berbeda jenis kelamin, dan harus diatur ulang. Maka kita tunggu data riil dari penetapan KONI Pusat dulu," jelas Akmil.

Pemanfaatan Aset Pemerintah

Menyikapi keterbatasan penginapan di Aceh, khususnya di Banda Aceh, pemerintah akan memanfaatkan aset-aset milik pemerintah untuk menutupi kekurangan penginapan. Beberapa aset yang akan digunakan termasuk LAN, BPSDM, dan Asrama Haji, yang memiliki standar hotel bintang tiga.

"Kita coba solusinya ke aset milik pemerintah, seperti LAN, BPSDM, Asrama Haji dan sebagainya, yang juga standar hotel bintang tiga," kata Akmil.

Penyediaan Tempat Penginapan

Menurut data sementara, jumlah total atlet, official, dan perangkat pertandingan yang akan hadir di Aceh sekitar sembilan ribu orang lebih. PB-PON Aceh telah menyediakan 253 tempat penginapan dengan total kamar lebih dari tiga ribu, yang mencakup hotel, guest house, home stay, serta aset pemerintah.

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah