Hikmah Ramadhan dan Ambisi untuk Beribadah

- 25 Februari 2024, 17:49 WIB
Ilustrasi Ramadan
Ilustrasi Ramadan /kemenag

 

Layar Berita - Saat ini kita sudah memasuki pertengahan bulan Syaban, yang berarti hanya sekitar dua pekan lagi memasuki bulan suci Ramadhan.  Tentunya semua umat muslim sangat merindukan datangnya bulan penuh berkah ini.

Perpindahan dari Syaban ke Ramadhan bukan sebatas pergantian bulan tanpa makna, tetapi merupakan peralihan dimensi spiritual yang memerlukan kesiapan iman secara matang.

Bulan suci Ramadhan diibaratkan laksana sebuah kebun yang penuh dengan beragam tanaman dan buah yang siap dipanen. Semua umat muslim bisa memetiknya sebanyak yang dia mau. 

Baca Juga: Apa Hukum Gunakan Handphone saat Khutbah Jumat

Begitulah bulan Ramadhan, di dalamnya ada limpahan pahala yang siap diunduh oleh umat Muslim dengan cara meningkatkan ibadah.  Mengingat inilah, wajar saja jika momen mulia tersebut menjadi kesempatan emas untuk berlomba memperbanyak ibadah.

Rasulullah sendiri setiap menjelang tiba Ramadhan selalu memotivasi para sahabat dengan menyampaikan,

أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ أَظَلَّكُمْ شَهْرٌ عَظِيْمٌ، شَهْرٌ مُباَرَكٌ، شَهْرٌ فِـيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ جَعَلَ اللهُ صِياَمَهُ فَرِيْضَةً وَ قِياَمَ لَيْلِهِ تَطَـوُّعاً مَنْ تَقَرَّبَ فِـيْهِ بِخَصْلَةٍ مِنَ اْلخَيْرِ كَانَ كَمَنْ أَدَّى فَرِيْضَةً فِـيْماَ سِوَاهُ وَمَنْ أَدَّى فِـيْهِ فَرِيْضَةً كَانَ كَمَنْ أَدَّى سَبْعِيْنَ فَرِيْضَةً فِـيْمَا سِواَهُ وَهُوَ شَهْرُ الصَّـبْرِ وَالصَّـبْرُ ثَـوَابُهُ الْجَنَّةُ وَشَهْرُ الْمُوَاسَاةِ وَ شَهْرٌ يَزْدَادُ فِـيْهِ رِزْقُ الْمُؤْمِنِ، مَنْ فَطَّرَ فِـيْهِ صَائِماً كَانَ مَغْفِرَةً لِذُنُوْبِهِ وَعِتْقَ رَقَبَتِهِ مِنَ النَّارِ وَ كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْتَقُصَ مِنْ أَجْرِهِ شَيْءٌ

Artinya, "Wahai manusia, telah tiba bulan yang agung lagi mulia. Bulan yang di dalamnya terdapat malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Allah telah menjadikan puasanya wajib dan shalat malamnya sebagai amal sunnah. 

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: kemenag.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah