Pj Wali Kota Lhokseumawe Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2024

- 25 April 2024, 00:25 WIB
Pj Wali Kota Lhokseumawe Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2024
Pj Wali Kota Lhokseumawe Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2024 /Dok/pemko lhokseumawe

 

Layar Berita - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana (PB) Tahun 2024, di Bandung, Jawa Barat, Rabu 24 April 2024.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma'ruf Amin dengan mengangkat tema Pengembangan Teknologi dan Inovasi dalam Penanggulangan Bencana, yang dihadiri 2.000 peserta dari semua daerah di Indonesia.

Adapun peserta yang hadir, yakni dari unsur penta helix, di antaranya perwakilan kementerian dan lembaga, DPR-RI, duta besar negara sahabat, kepala daerah, BPBD provinsi, unsur pimpinan TNI, Polri, BPBD kabupaten atau kota, akademisi, praktisi, perwakilan dunia usaha, media, dan organisasi masyarakat.

Baca Juga: Pemko Lhokseumawe Bersama Yayasan Darah Untuk Aceh dan Unicef Gelar Pelatihan Kesehatan Mental Remaja

Diantara sejumlah kepala daerah, untuk Provinsi Aceh salah satu yang menghadiri acara tersebut, yakni Penjabat Wali Kota Lhokseumawe, A. Hanan, SP. MM, Pj Bupati Aceh Tenggara, Pj Bupati Aceh Utara dan Pj Bupati Aceh Tengah, PJ Bupati Aceh Jaya, bahkan terlihat turut hadir Pangdam Iskandar Muda serta Danrem 011 Lilawangsa.

Dalam sambutannya, Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak yang telah bahu membahu dalam penanggulangan bencana di Indonesia. 

Ia meminta agar seluruh langkah dan rencana tanggap darurat harus mampu mengurangi dampak bencana terhadap kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat. Mengingat banyaknya kabupaten/kota di Indonesia yang punya indeks risiko bencana tiWapresngkat tinggi. Sehingga menuntut upaya penanggulangan bencana yang lebih cermat dan inovatif. 

"Saya minta agar pengembangan teknologi dan inovasi dalam penanggulangan bencana di dalam negeri untuk terus dioptimalkan. Dorong integrasi teknologi dan inovasi berbasis data yang valid, sebagai kunci terwujudnya efektifitas dan efisiensi aksi dini dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana," ujar Wapres Ma'ruf Amin saat membuka Rakornas PB 2024.

Halaman:

Editor: Agustiar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x