FIBA Kembali Lirik Indonesia Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Basket U-19 Tahun 2027

- 4 Mei 2024, 15:33 WIB
Anggota Dewan Central Board FIBA Ingo Weiss beraudiensi dengan Menpora RI Dito Ariotedjo.
Anggota Dewan Central Board FIBA Ingo Weiss beraudiensi dengan Menpora RI Dito Ariotedjo. /Dok/Humas Kemenpora

 

Layar Berita – Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), kembali menunjukkan ketertarikannya untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah kejuaraan dunia bola basket. 

Hal ini disampaikan oleh Anggota Dewan Central Board FIBA Ingo Weiss dalam audiensi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali pada Kamis, 2 Mei 2024.

"Kami memilih Indonesia menjadi kandidat tuan rumah Kejuaraan Dunia FIBA U-19 tahun 2027 mendatang," ujar Ingo Weiss yang dalam audiensi tersebut didampingi pengurus Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi).

Baca Juga: Perbasi Scouting di Surabaya Genapkan 100 Pemain Menuju Lithuania

Penunjukan ini didasari oleh kesuksesan Indonesia dalam menggelar Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 bersama Filipina dan Jepang. FIBA menilai penyelenggaraan di Indonesia kala itu merupakan yang terbaik.

"Kami merasakan atmosfer luar biasa terhadap olahraga bola basket di sini. Banyak orang antusias dan menyukai bola basket," kata Ingo.

Berbeda dengan kategori senior, pada Kejuaraan Dunia U-19, tuan rumah otomatis lolos menjadi peserta turnamen tanpa melalui babak kualifikasi. Selain itu, tidak ada biaya hosting yang perlu dibayarkan, namun Indonesia tetap bertanggung jawab atas manajemen dan pengelolaan panitia penyelenggara.

Pemilihan Indonesia sebagai kandidat tuan rumah juga dipengaruhi oleh rencana FIBA untuk membuka kantor di Jakarta pada tahun ini. Hal ini dinilai akan memudahkan penyelenggaraan kejuaraan dunia di Indonesia.

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: kemenpora.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah