Jamin Kenyamanan Pemudik, Pemko Lhokseumawe dan BNNK Lhokseumawe Tes Urine Puluhan Sopir Bus Angkutan Mudik di

- 9 April 2024, 00:38 WIB
Pemko Lhokseumawe dan BNNK Lhokseumawe Tes Urine Puluhan Sopir Bus Angkutan Mudik di Terminal Type C Keude Aceh
Pemko Lhokseumawe dan BNNK Lhokseumawe Tes Urine Puluhan Sopir Bus Angkutan Mudik di Terminal Type C Keude Aceh /Dok/pemko lhokseumawe

Layar Berita - Pemerintah Kota Lhokseumawe bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Lhokseumawe menggelar tes urine bagi para sopir mini bus L300 dan Hiace di terminal Tipe C di Jalan Pase, Desa Keude Aceh, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Senin 8 April 2024.

Pemeriksaan urine bagi sejumlah sopir ini, guna menjamin keselamatan dan keamanan penumpang menjelang arus mudik lebaran.  Sehingga tidak ada sopir yang mengantar penumpang dibawah pengaruh narkotika dan obat terlarang.

Puluhan awak bus yang menjalani pemeriksaan urine merupakan para sopir dan kernet yang melayani angkutan antar kota antar provinsi (AKAP) dan antar kota dalam provinsi (AKDP).

Baca Juga: Kumpulkan Milenial di Penghujung Ramadhan, FDM Rangkul Milenial Mencintai Budaya Islam

Asisten I Setdako Lhokseumawe, M. Maxalmina, mengatakan bahwa tes urine merupakan kegiatan rutin tiap tahun menjelang Idulfitri.  Pemeriksaan ini dilakukan guna memastikan bahwa para pengemudi bus terbebas dari pengaruh narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya.

“Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan bahwa sopir tidak mengkonsumsi zat-zat terlarang yang dapat mempengaruhi konsentrasi dan kewaspadaan saat berkendara,” ujarnya.

Menurutnya, seseorang yang membawa kendaraan dalam pengaruh narkoba, tentu sangat membahayakan keselamatan jiwa banyak orang. Bukan saja bagi sopir, tetapi juga para penumpang dan masyarakat umum lainnya.

Oleh karena itu, kegiatan tersebut adalah sebagai antisipasi untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas yang disebabkan karena ulah sopir mengkonsumsi narkoba.

Para awak bus ini, lanjut Maxalmina, sangat berperan penting dalam mengantar pemudik hingga sampai tujuan. Sehingga kondisi mereka harus benar-benar sehat, prima dan bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Halaman:

Editor: Agustiar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah