Ayo Kenali Apa itu Malaria: Gejala, Pencegahan dan Pengobatan

- 19 Mei 2024, 18:14 WIB
Ilustrasi Gigitan Nyamuk
Ilustrasi Gigitan Nyamuk /dok/pixabay

 

Layar Berita - Malaria adalah salah satu penyakit yang mematikan di dunia, dan banyak ditemukan di daerah tropis seperti halnya indonesia. Itulah sebabnya, pemerintah terus berupaya mengatasi penyakit ini demi mewujudkan Indonesia bebas malaria pada tahun 2024. 

Penyakit malaria disebabkan oleh infeksi parasit plasmodium, yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles betina, yang beredar pada petang sampai pagi hari. Parasit ini akan menetap di organ hati, berkembang biak, kemudian menyerang sel-sel darah merah. 

World Health Organization (WHO) menyebutkan bahwa terdapat 229 juta kasus malaria di seluruh dunia pada tahun 2019 dengan angka kematian rata-rata sebesar 409 ribu jiwa. Mayoritas dari korban malaria adalah anak-anak yang berusia di bawah lima tahun.

Baca Juga: Hati-hati! Ini Penjelasan Ikatan Dokter Anak Indonesia Terkait ASI Bubuk Viral di Medsos

Penyebab Malaria

Malaria tidak ditularkan melalui kontak langsung dari orang ke orang, melainkan gigitan nyamuk. Namun, malaria bisa juga ditularkan dengan cara-cara berikut ini.

  • Dari ibu kepada bayi dalam kandungannya
  • Jarum suntik
  • Tranfusi darah
  • Transplantasi organ

 Ini empat jenis parasit plasmodium yang menyebabkan infeksi malaria:

  • Plasmodium Vivax

Penyebab malaria tertiana ringan yang terjadi setiap 3 hari. Jenis malaria ini adalah yang paling umum dan banyak terjadi. Meski bergejala ringan, seperti demam dan menggigil, diare dan merasa lelah, penyakit malaria tertiana bisa melemahkan kekebalan tubuh.

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: kemenkes.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah