Polres Lhokseumawe Keluarkan Imbauan: Para Kaum Wanita Hati-hati Berkenalan di Medsos

- 18 Mei 2024, 14:28 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi /dok/polres lhokseumawe

 

Layar Berita – Kepolisian Resor (Polres) Lhokseumawe mengeluarkan imbauan kepada seluruh wanita di wilayah hukumnya untuk lebih berhati-hati dalam berkenalan dengan orang baru melalui media sosial. Langkah ini dilakukan menyusul meningkatnya laporan terkait kasus penipuan dan kekerasan yang berawal dari perkenalan melalui online.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Henki Ismanto melalui Kasi Humas Polres Lhokseumawe Salman Alfarasi, mengatakan, bahwa banyak pelaku kejahatan yang memanfaatkan media sosial untuk mencari korban, terutama wanita. Pelaku sering kali menggunakan identitas palsu atau berpura-pura menjadi seseorang dengan modus yang dapat dipercaya untuk mendekati korban.

"Para pelaku kejahatan ini sangat lihai dalam memanipulasi identitas dan informasi mereka di media sosial. Mereka biasanya berpura-pura menjadi teman yang baik atau bahkan calon pasangan yang ideal," ujarnya.

Baca Juga: Dear Personel Polres Lhokseumawe, Kapolres: Jangan Terlibat Politik Praktis pada Pilkada 2024

Polres Lhokseumawe mengimbau para kaum perempuan untuk lebih selektif dalam menerima permintaan pertemanan dan berhati-hati dalam berkomunikasi dengan orang yang baru dikenal. 

Salman juga menekankan pentingnya untuk tidak mudah memberikan informasi pribadi atau foto-foto pribadi kepada orang yang belum dikenal dengan baik.  Terlebih hanya berkenalan melalui media sosial yang tidak jelas siapa orangnya.

"Kami mengerti bahwa media sosial merupakan bagian penting dari kehidupan sehari-hari, tetapi kita harus tetap waspada dan tidak mudah percaya dengan orang yang baru dikenal di dunia maya. Selalu lakukan verifikasi dan pastikan keamanan diri sendiri," tambahnya.

Selain itu, Polres Lhokseumawe juga mengajak masyarakat untuk segera melaporkan jika mengalami atau menemukan aktivitas mencurigakan di media sosial. Layanan aduan bisa dilakukan melalui hotline Polres Lhokseumawe atau melalui aplikasi pengaduan resmi yang telah disediakan.

Halaman:

Editor: Agustiar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah