Pemko Lhokseumawe Buka Pelatihan Anyaman Tikar Tradisional di Gampong Jambo Mesjid

- 3 April 2024, 00:47 WIB
Pemko Lhokseumawe Buka Pelatihan Anyaman Tikar Tradisional di Gampong Jambo Mesjid
Pemko Lhokseumawe Buka Pelatihan Anyaman Tikar Tradisional di Gampong Jambo Mesjid /layarberita

 

Layar Berita - Pj Walikota Lhokseumawe, A. Hanan, SP, MM, membuka pelatihan bagi 20 Perajin Anyaman Tikar Tradisional Aceh di Gampong Jambo Mesjid, Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Bank Aceh Cabang Lhokseumawe, bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat serta mempertahankan warisan budaya khas Aceh.

Pelatihan berlangsung pada tanggal 2 hingga 3 April 2024 di Balai Mushalla Gampong Jambo Mesjid, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, Selasa 2 April 2024. 

Baca Juga: Kenaikan Harga Makanan dan Tembakau Picu Inflasi pada Maret 2024 di Kota Lhokseumawe sebesar 2,79 persen

Dengan tema “Melalui pelatihan anyaman tikar tradisional dari bahan baku pandan akan menghasilkan produk-produk kreatif dan inovatif sebagai produk warisan budaya kearifan lokal Aceh”. 

“Pelatihan anyaman ini diharapkan mampu meningkatkan eksistensi budaya yang telah diwariskan secara turun temurun,” ujar A.Hanan dalam awal sambutannya.

Selain itu, Pj Walikota Lhokseumawe juga menyampaikan, bahwa tikar bukan sekedar sebuah produk, tapi juga cermin dari kearifan lokal dan identitas budaya Aceh yang perlu dijaga dengan baik. 

“Melalui pelatihan ini, kita berharap dapat menginspirasi para perajin untuk tidak hanya melanjutkan tradisi, tetapi juga mengembangkannya dengan kreativitas dan inovasi baru," harap A Hanan. 

Halaman:

Editor: Agustiar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah