Ini 8 Tips Jaga Kesehatan Selama Silaturahmi Lebaran

- 11 April 2024, 16:44 WIB
Sejumlah jamaah usai melaksanakan shalat Idulfitri 1445 Hijriah di Masjid Agung Islamic Centre Lhokseumawe
Sejumlah jamaah usai melaksanakan shalat Idulfitri 1445 Hijriah di Masjid Agung Islamic Centre Lhokseumawe /layarberita/fachrul reza

 

Layar Berita - Setelah melewati berpuasa sebulan penuh, tentunya lebaran menjadi momen perayaan tersendiri bagi umat Muslim. Di Indonesia, merayakan hari Lebaran (Idul Fitri) erat kaitanya dengan berkumpul bersama keluarga dan bersilaturahmi dengan saling mengunjungi rumah sanak saudara dan kerabat. 

Pada saat bersilaturahmi, tentunya sejumlah makanan disuguhkan kepada tamu dari setiap rumah yang kita kunjungi. Mengingat pada saat lebaran kita tidak lagi berpuasa pada siang harinya.

Terkadang kita lupa untuk menjaga makanan, lantaran memang sudah diperbolehkan untuk menikmati makanan dan minuman pada siang hari.  Padahal sebelumnya perut atau tubuh kita dalam kondisi kosong selama sebulan pada siang hari. Kondisi ini tentu membuat pengaruh terhadap kondisi tubuh jika tidak kita jaga. 

Baca Juga: Ribuan Jamaah Shalat Idulfitri Padati Masjid Islamic Centre Lhokseumawe

Mengingat hal inilah, Pengurus Lembaga Kesehatan PBNU, Dokter Syifa Mustika membagikan sejumlah kiat agar tetap sehat selama silaturahim merayakan Hari Raya Idul Fitri 2024 bersama keluarga.

Berikut Delapan Kita Agar Tetap Sehat :

  • Pilih makanan sehat

Saat berkumpul, prioritaskan makanan yang sehat dan seimbang. Hindari tergiur dengan sajian opor dan ketupat semata, sertakan sayuran, buah-buahan, protein rendah lemak, dan karbohidrat kompleks dalam menu Lebaran Anda.

"Pilihan makanan ini akan memberi energi yang dibutuhkan tanpa menambah beban kalori berlebih," ujar dr Syifa. 

  • Ukur porsi makanan

Mengukur porsi makanan merupakan langkah bijak untuk menghindari makan berlebihan. Ini tidak hanya membantu mengontrol asupan kalori tetapi juga meminimalkan risiko kenaikan berat badan pasca Lebaran.

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: nu.or.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah