Ini Tujuh Alasan Mengapa Al Quran Diturunkan secara Bertahap

- 27 Maret 2024, 23:59 WIB
Ilustrasi Al Quran
Ilustrasi Al Quran /Dok/layarberita

 

Layar Berita - Al Quran merupakan kitab suci adalah kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi terakhir yakni Muhammad Saw.  Al Quran diturunkan melalui malaikat Jibril yang dihimpun dalam mushaf yang merupakan mukjizat Nabi Muhammad.

Al Quran mengandung banyak pokok ajaran sehingga seluruh hidup dan kehidupan ini menjadi teratur. Jangka waktu turunnya Al-Quran dihitung berdasarkan masa hidup Nabi Muhammad SAW. 

Beliau dianugerahi kenabian pada usia 40 tahun dan meninggal pada usia 63 tahun. Pada periode 23 tahun inilah umat manusia diberkati dengan wahyu Al-Quran.

Baca Juga: Meninggalkan Ibadah Puasa Ramadhan, Adakah Ketentuan untuk Qadha?

Muncul pertanyaan, mengapa Al-Qur’an diturunkan secara bertahap, dan tidak sekaligus. Faktanya, para penentang dakwah Nabi Muhammad Saw di Makkah juga mengajukan pertanyaan ini. 

Marilah kita menganalisis alasan-alasan turunnya Al-Qur’an secara bertahap:

Respon terhadap Situasi Tertentu

Nabi Muhammad Saw bersama para pengikutnya menghadapi berbagai kesulitan dan ketidakpastian dalam perjuangan dakwa Islam. Dari penganiayaan di Makkah yang sangat politeistik hingga pendirian komunitas Muslim di oasis Madinah, mereka menghadapi berbagai jenis masalah agama, sosial, politik, ekonomi, dan militer. 

Oleh karena itu, bimbingan Ilahi diperlukan untuk mengatasi masalah-masalah khusus yang dihadapi umat Islam awal.

Jawaban atas Pertanyaan dan Keraguan

Ketika Nabi Muhammad Saw berdakwah untuk beribadah hanya kepada Allah dan memproklamirkan kenabiannya sendiri, orang-orang mengajukan berbagai pertanyaan, argumen, dan tantangan yang perlu dijawab. 

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: muhammadiyah.or.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah