Selain Kesohor dengan IKN, Pesona Festival Budaya di Kalimantan Timur Masuk KEN 2024

- 1 Maret 2024, 18:07 WIB
Salah satu pakaian pesta adat di Kalimantan Timur
Salah satu pakaian pesta adat di Kalimantan Timur /dok/kemenparekraf

 

Layar Berita - Provinsi Kalimantan Timur yang berada di Pulau Kalimantan, saat ini namanya kian kesohor.  Hal ini sejak wilayahnya dipilih menjadi lokasi Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 18 Januari 2022. 

Wilayah yang masuk dalam IKN tersebut berlokasi di Penajam Paser Utara atau berjarak sekitar 93 km dari Kota Balikpapan. 

Pesona Kalimantan Timur tak hanya soal IKN, tapi budaya yang terus lestari hingga saat ini juga suatu hal yang istimewa. Bentuk pelestarian budaya di Kalimantan Timur tersebut bisa dilihat dari banyaknya festival-festival budaya yang rutin digelar. 

Baca Juga: Ayo Nikmati Keindahan Panorama dan Kebudayaan Bahari di Sabang Marine Festival 2024

Bahkan, saat ini ada tiga festival budaya dari Kalimantan Timur yang berhasil masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024. 

Diharapkan, dengan masuknya festival-festival budaya Kalimantan Timur ke dalam KEN 2024, dapat mengenalkan budaya, sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kalimantan Timur. 

Bagi masyarakat yang ingin melihat keunikan budaya yang khas, berikut tiga festival budaya di Kalimantan Timur yang bisa disaksikan langsung:

  • Pesta Adat dan Budaya Lom Plai

Festival budaya di Kalimantan Timur yang pertama adalah Pesta Adat dan Budaya Lom Plai. Rangkaian festival budaya ini rencananya akan digelar mulai dari 18 Maret hingga 23 April 2024. 

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: Kemenparakraf.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah