Ayo Nikmati Keindahan Panorama dan Kebudayaan Bahari di Sabang Marine Festival 2024

- 28 Februari 2024, 13:50 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi /dok/pemko sabang

Layar Berita - Sabang merupakan kota paling barat di Indonesia yang menyimpan pesona keindahan alam yang sangat menakjubkan dan sangat layak untuk dikunjungi. Kota Sabang yang terletak di Pulau Weh ini memiliki sejumlah pantai yang indah selain pesona alam lainnya. 

Sehingga bagi Anda yang menyukai atau pecinta wisata pantai dan alam, tentunya Sabang adalah tempat yang sangat sayang sekali jika tidak dikunjungi.  Terlebih pada awal Maret ini, Pemko Sabang menggelar kegiatan menarik yang diberi nama Sabang Marine Festival 2024 (SMF24).

Persiapan SMF24 yang mengangkat tema ‘Aceh's Most Treasured Cultural Maritime Experience’, terlihat kian rampung mendekati hari dimulainya perhelatan bahari terbesar di Aceh ini.

Baca Juga: Ayo Berpetualang! Jelajahi 79 Negara Tanpa Ribet Visa

Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi, mengatakan dengan tema “Aceh's Most Treasured Cultural Maritime Experience”, SMF dikemas dengan menggambarkan aktivitas bahari, juga diperkuat dengan konsep ragam budaya di Kota Sabang.

"Alhamdulillah, berkat kolaborasi kita semua persiapannya sudah mencapai 90 persen. Banyak orang yang terlibat dalam menyukseskan SMF24, ada pelaku seni, pelaku usaha dan wisata, komunitas adat dan lingkungan serta pihak pendukung acara lainnya," ujar Pj Wali Kota Sabang, Senin 26 Februari 2024.

Menurutnya, SMF24 menjadi salah satu strategi yang efektif untuk mempromosikan destinasi wisata. Ini juga salah satu cara melestarikan nilai-nilai tradisi budaya, sarana edukasi bagi masyarakat, meningkatkan ekonomi masyarakat, serta menjadi wadah kreativitas bagi pelaku seni untuk menyalurkan bakatnya.

"Tentunya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sabang adalah dengan penyelenggaraan event. SMF diharapkan akan memberikan dampak positif bagi masyarakat Sabang, pelaku UMKM, seniman, pelaku industri pariwisata dan pihak-pihak lainnya," harap Pj Wali Kota Sabang.

Ragam Perlombaan SMF24

  • Lomba Pacu Jaloe & Eksibisi Perahu Naga di Gampong Aneuk Laot 
  • Fishing Tournament di Gampong Ie Meulee 
  • Kejuaraan Renang Pesisir & Festival Jajanan Kongsi di Kuta Barat 
  • Festival Geulayang Tunang di Kuta Timu 
  • Khanduri Adat Meulaot dan Tiek Jeu di Anoi Itam 
  • Launching Rumah Nemo serta coral & coastal clean up di Teupin Ciriek, menjadi rangkaian acara unggulan dari Sabang Marine Festival tahun ini.
  • Event balap sepeda Tour de Sabang

Event balap sepeda Tour de Sabang juga turut menjadi rangkaian dalam SMF24. Dimana sebanyak 121 pesepeda dari berbagai provinsi di Indonesia akan melintasi venue SMF24 yang merupakan bagian dari 31,9 KM jalur balap sepeda bergengsi ini.

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: Acehprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah