Jadi Top Tier Pengangkut LPG di Asia Tenggara, Pertamina International Shipping Tambah Dua Tanker Gas Raksasa

- 9 Mei 2024, 22:11 WIB
Peluncuran VLGC Pertamina Gas Caspia dan Pertamina Gas Dahlia berlangsung di galangan kapal Hanhwa - Okpo Shipyard, Korea Selatan
Peluncuran VLGC Pertamina Gas Caspia dan Pertamina Gas Dahlia berlangsung di galangan kapal Hanhwa - Okpo Shipyard, Korea Selatan /Dok/Pertamina

Layar Berita - PT Pertamina International Shipping (PIS) menambah dua kapal tanker gas raksasa, yaitu Pertamina Gas Caspia dan Pertamina Gas Dahlia. Kapal-kapal ini memperkuat posisi PIS sebagai salah satu pengangkut LPG terdepan di Asia Tenggara.

Total armada kapal milik PIS kini menjadi 102 unit, termasuk Very Large Crude Carrier (VLCC), VLGC, Suezmax dan kapal ukuran lainnya.  Sebanyak 60 kapal di antaranya beroperasi di rute internasional.

Pertamina Gas Caspia dan Pertamina Gas Dahlia merupakan Very Large Gas Carrier (VLGC) yang dirancang untuk mengangkut LPG dan petrokimia seperti propylene dan amonia. Kapal-kapal ini akan dioperasikan di rute-rute internasional.

Baca Juga: Masyarakat Tak Perlu Risau, Pertamina Tetap Salurkan Pertalite sesuai Penugasan Pemerintah

Penambahan ini sekaligus memperkuat posisi PIS sebagai pengangkut LPG top tier di Asia Tenggara. Dua VLGC baru tersebut akan dioptimalkan untuk mengangkut komoditas LPG dan petrokimia berupa propylene maupun amonia, serta ditujukan untuk perdagangan di rute internasional.

Memiliki panjang sekitar 300 meter atau setara 2 kali lapangan bola dan kapasitas sebesar 91.000 m3, VLGC Pertamina Gas Caspia dan Pertamina Gas Dahlia diproduksi oleh salah satu galangan kapal terbesar dunia yakni Hanhwa Ocean, Korea Selatan.

Peluncuran VLGC Pertamina Gas Caspia dan Pertamina Gas Dahlia berlangsung di galangan kapal Hanhwa - Okpo Shipyard, Korea Selatan.

Turut dihadiri oleh Sekretaris Kementerian BUMN Rabin Indrajad Hattari, Chargé d’A aires Ad Interim Kedutaan Besar Republik Indonesia di Seoul Zelda Wulan Kartika, Direktur Perencanaan Bisnis PIS Eka Suhendra, dan Direktur Armada PIS Muhammad Irfan Zainul Fikri.

Sekretaris Kementerian BUMN Rabin Indrajad Hattari menyambut hangat kehadiran 2 VLGC terbaru milik PIS ini, yang akan memperkuat peran PIS sebagai urat nadi distribusi energi di Indonesia sekaligus mengharumkan industri maritim Indonesia di kancah global.

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: KabarBUMN


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah