Angkasa Pura Siap Operasikan Bandara SIM 24 Jam untuk Dukung PON Aceh-Sumut 2024

- 5 Juni 2024, 19:30 WIB
Angkasa Pura Siap Operasikan Bandara SIM 24 Jam untuk Dukung PON Aceh-Sumut 2024
Angkasa Pura Siap Operasikan Bandara SIM 24 Jam untuk Dukung PON Aceh-Sumut 2024 /dok/humas aceh

 

Layar Berita - Dalam rangka mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024, Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) di Blang Bintang, Aceh Besar, akan beroperasi selama 24 jam. Hal ini disampaikan oleh Executive General Manager Angkasa Pura (AP) II Bandara SIM, Darmadi, pada Selasa, 4 Juni 2024.

"Salah satu bentuk dukungan kami untuk PON adalah dengan menyiapkan berbagai sarana dan prasarana pendukung agar operasional bandara bisa berlangsung hingga 24 jam," kata Darmadi.

Saat ini, bandara beroperasi dari pukul 06.30 hingga 19.00 WIB, dan selama PON kemungkinan akan diperpanjang hingga pukul 24.00 WIB atau bahkan 24 jam penuh, sesuai kondisi lapangan.

Baca Juga: Permudah Tamu PON Aceh Sumut di Provinsi Aceh, Bank Indonesia Terapkan Layanan Transaksi Keuangan Digital

Pembukaan operasional bandara hingga 24 jam ini bertujuan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada para atlet dan official yang akan datang dari berbagai provinsi. Bandara SIM akan menjadi salah satu pintu masuk utama bagi para peserta PON.

Sejumlah persiapan tengah dilakukan, termasuk pengaturan arus kedatangan atlet dan official, tenda registrasi, area istirahat, pengumpulan bagasi, jalur khusus transportasi, serta perbaikan tampilan bandara. "Kami siap memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan kebutuhan dan permintaan di lapangan," tambah Darmadi.

Bandara SIM melayani beberapa maskapai domestik seperti Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Pelita Air, dan Susi Air (perintis). Sedangkan maskapai internasional yang beroperasi di bandara ini antara lain Air Asia, Firefly, dan Garuda Indonesia, dengan rute internasional menuju Kuala Lumpur, Penang, dan Jeddah. Untuk rute domestik, bandara ini melayani penerbangan ke Jakarta dan Kualanamu, serta rute perintis ke Kutacane, Sabang, Simeulue, Tapaktuan, dan Gayo Lues.

Dengan dimensi landas pacu 3000 x 45 meter dan area parkir yang mampu menampung delapan pesawat, Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda memiliki kapasitas terminal untuk melayani sekitar 1,5 juta penumpang per tahun atau sekitar 4 ribu penumpang per hari. Dukungan operasional 24 jam ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan efisiensi bagi semua pengguna jasa bandara selama perhelatan PON Aceh-Sumut 2024.***

Editor: Agustiar

Sumber: acehprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah