Pj Gubernur Aceh Tinjau Progres Pembangunan Bendungan Keureuto

- 1 Mei 2024, 00:31 WIB
Pj Gubernur Aceh Tinjau Progres Pembangunan Bendungan Keureuto
Pj Gubernur Aceh Tinjau Progres Pembangunan Bendungan Keureuto /dok/pemkab aceh utara

 

Layar Berita - Penjabat Gubernur Aceh Bustami Hamzah, meninjau progres kelanjutan pembangunan Waduk Keureuto di Gampong Blang Pante Kecamatan Paya Bakong Kabupaten Aceh Utara, Selasa, 30 April 2024. 

Kunjungan ini didampingi oleh Penjabat Bupati Aceh Utara Dr Mahyuzar, serta turut serta Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Niko Fachrizal, Kepala Kepolisian Daerah Aceh Irjen Ahmad Kartiko, Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh Drs Joko Purwanto, Ketua DPRA Zulfadli, serta sejumlah pejabat Aceh lainnya. 

Kehadiran rombongan Pj Gubernur Aceh di lokasi pembangunan Waduk Keureuto disambut langsung oleh Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera I Heru Setiawan, dan pejabat dari perusahaan kontraktor pelaksana Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut.

Baca Juga: Pembangunan Venue Dikebut, Pj Gubernur Aceh: Kualitas dan Mutu Tidak Boleh Diabaikan

Dalam kunjungan tersebut, Pj Gubernur dan rombongan melihat langsung kegiatan pembangunan di area waduk dan bendungan. Saat ini progres pembangunan waduk sudah memasuki tahap-tahap akhir, begitu juga pembangunan bendungannya. 

Waduk dan bendungan proyek PSN ini direncanakan akan dilakukan ujicoba atau pengisian air pada Juni 2024. Jika tidak ada kendala, direncanakan akan diresmikan pemakaiannya oleh Presiden RI pada Agustus mendatang.

Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera I Heru Setiawan, dalam pemaparannya di hadapan Pj Bupati Mahyuzar dan Pj Gubernur Bustami Hamzah menjelaskan, bahwa  progres pekerjaan fisik pembangunan waduk hingga 27 April 2024 sudah mencapai 90,04 persen. Sedangkan realisasi keuangan mencapai 89,18 persen.

“Target penyelesaiannya pada Juni 2024. Sedangkan sisa pekerjaan yang sedang dikerjakan saat ini meliputi tubuh bendungan tersisa 9,16 persen lagi. Pekerjaan terowongan waterway tersisa 75,67 persen lagi, jalan akses tersisa 37,60 persen lagi, serta fasilitas umum dan landscape tersisa 43,45 persen lagi,” jelas Heru.

Halaman:

Editor: Agustiar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah