Tips Jitu Memperpanjang Umur Baterai Handphone Lebih Awet

- 20 Mei 2024, 19:05 WIB
Ilustrasi baterai HP
Ilustrasi baterai HP /dok/canva

Layar Berita – Handphone (HP) telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Baterai merupakan komponen penting yang menentukan performa dan ketahanan handphone. Namun, seringkali kita mengabaikan cara merawat baterai, yang pada akhirnya dapat memperpendek umurnya.

Baterai HP memiliki fungsi vital sebagai sumber energi utama untuk mengoperasikan seluruh komponen dan fitur pada perangkat. Tanpa baterai, HP tidak akan bisa menyala dan menjalankan fungsinya.

Fungsi baterai juga untuk menyediakan energi yang diperlukan untuk menghidupkan dan menjalankan semua komponen elektronik di dalam HP, seperti prosesor, layar, dan modem. Termasuk memungkinkan Anda untuk menggunakan berbagai aplikasi dan fitur pada HP, seperti menelepon, mengirim pesan, browsing internet, bermain game, dan menonton video.

Baca Juga: Rahasia Chat WhatsApp Web Aman! Tak Perlu Khawatir Lagi Diintip Orang Lain

Selain fungsi di atas, baterai juga menyediakan daya untuk menyimpan data di dalam HP, seperti kontak, pesan, foto, dan video.  Bahkn juga berfungsi untuk terhubung ke jaringan seluler, Wi-Fi, dan Bluetooth, sehingga Anda dapat berkomunikasi dengan orang lain dan mengakses internet.

Secara keseluruhan, baterai HP adalah komponen yang sangat penting dan memiliki fungsi vital untuk memastikan kelancaran dan optimalitas penggunaan perangkat.

Berikut tips sederhana untuk merawat baterai handphone agar awet:

  1. Hindari Pengisian Daya Berlebihan

Kebiasaan mengisi daya handphone hingga 100% dan meninggalkannya terhubung ke charger semalaman dapat merusak baterai. Idealnya, isi daya handphone hingga 80% dan cabut charger saat sudah penuh.

  1. Hindari Penggunaan Berlebihan saat Baterai Hampir Habis

Menggunakan handphone saat baterai hampir habis dapat mempercepat degradasi baterai. Sebaiknya isi daya handphone saat baterainya mencapai 20%.

  1. Jangan Bermain Handphone Saat Diisi Daya

Aktivitas seperti bermain game atau menonton video saat mengisi daya dapat menghasilkan panas berlebih pada baterai, yang dapat memperpendek umurnya.

Halaman:

Editor: Agustiar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah