Buka Rakor Satgas Saber Pungli, Iskandar: Tindakan Harus Sejalan dengan Pemberian Pemahaman

- 30 November 2023, 16:56 WIB
Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh, Iskandar mewakili Penjabat Gubernur Aceh, membuka Rakor Satgas Saber Pungli tahun 2023 di Banda Aceh, Kamis 30 November 2023.
Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh, Iskandar mewakili Penjabat Gubernur Aceh, membuka Rakor Satgas Saber Pungli tahun 2023 di Banda Aceh, Kamis 30 November 2023. /Dok Humas Aceh

Layar Berita - Penjabat Gubernur Aceh yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh Iskandar, membuka Rapat Koordinasi dan Asistensi Kegiatan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) se-Aceh, di Banda Aceh Kamis 30 November 2023.  Rakor ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dan membahas langkah penanggulangan yang lebih optimal ke depan.

Dalam sambutan gubernur yang dibacakan Iskandar menyebutkan, sejak dibentuk pada November 2016, keberadaan Tim Saber Pungli di Aceh telah banyak menghadirkan terobosan dalam memberantas pungli di daerah ini.

Tim Saber Pungli kabupaten/kota se-Aceh, juga disebut telah berhasil melakukan beberapa kali operasi tangkap tangan terhadap pelaku pungli.

Baca Juga: Buka MTQ XXXVI Aceh, Penjabat Gubernur: Mari Junjung Tinggi Sportifitas dan Ukhuwah

Meski demikian, aksi pungli diakui masih terjadi di sejumlah lembaga, di mana efeknya sangat besar dalam merusak sendi kehidupan masyarakat, mengganggu dunia usaha dan menurunkan kualitas pelayanan publik.

Citra Pemerintahan juga diakui akan menurun manakala pungli masih ada di lingkup birokrasi. Karena itu dia mengharapkan Tim Saber Pungli Aceh untuk terus mengoptimalkan kinerja dalam memberantas kejahatan ini.

“Kita tentu sangat bangga kalau Tim Saber Pungli Aceh mampu menangkap banyak pelaku pungli yang meresahkan masyarakat. Namun saat bersamaan kita juga lebih bangga lagi jika aksi pungli itu dapat kita hilangkan, sehingga tidak ada lagi orang yang ditangkap,” sebut Iskandar.

Karena itu, tindakan penegakan hukum dalam mengatasi pungli dikatakan harus pula sejalan dengan pemberian pemahaman dan sosialisasi kepada para pihak, agar jangan sampai melakukan aksi pungli itu.

Baca Juga: Peringatan Hari Ibu Pj Gubernur: Waktu untuk Merenungkan Peran dan Kontribusi Perempuan

Halaman:

Editor: Agustiar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah