Meski Diguyur Hujan, Upacara HKN Tetap Khidmat di Aceh Utara

- 20 November 2023, 14:19 WIB
Meski di bawah guyuran hujan, prosesi upacara HKN di Aceh Utara tetap berjalan khidmat
Meski di bawah guyuran hujan, prosesi upacara HKN di Aceh Utara tetap berjalan khidmat /dok: humas acut

Layar Berita, Aceh Utara -  Pelaksanaan upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tingkat Kabupaten Aceh Utara, Senin 20 November 2023, diwarnai dengan guyuran hujan.  Tetapi upacara yang digelar di Lapangan Upacara Landing, Lhoksukon dengan pembina upacara Penjabat Bupati Mahyuzar, tetap berjalan dengan khidmat.

Upacara dihadiri oleh seluruh komponen pejabat dan ASN jajaran Dinas Kesehatan Aceh Utara, RSUD Cut Meutia dan Puskesmas yang ada di Kabupaten Aceh Utara.  Juga hadir para pimpinan organisasi profesi kesehatan, Asisten I Setdakab Dayan Albar, Asisten III H Adamy, Kepala Dinas Kesehatan Amir Syarifuddin, Direktur RSUD Cut Meutia dr Baihaqi, para staf ahli bupati, para Kepala OPD lainnya, serta para Camat dan Kabag.

Pada awal upacara, tampak cuaca pagi terlihat agak mendung, tidak ada tanda-tanda akan turun hujan lebat.  Sehingga pelaksanaan upacara diputuskan untuk terus dilanjutkan sesuai dengan tata tertib yang telah disiapkan oleh panitia.  Upacara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Saat upacara sudah berjalan, tiba-tiba hujan gerimis mulai turun, dan tidak lama hujan turun dengan lebat.

 Baca: https://layarberita.pikiran-rakyat.com/aceh/pr-3557374335/tekan-laju-inflasi-pemkab-aceh-utara-gelar-pasar-murah

Pj Bupati Mahyuzar yang bertindak sebagai pembina upacara, tetap bergeming di tempat, meskipun hujan lebat mengguyur.  Upacara tetap dilanjutkan dengan penghormatan umum kepada pembina upacara, kemudian laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara. Semuanya berlangsung dengan khidmat dan lancar sesuai dengan tata laksana standar upacara nasional. 

Upacara kemudian dilanjutkan dengan amanat pembina upacara, di mana Pj Bupati Mahyuzar membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI.  Karena hujan terus mengguyur, pembina upacara terpaksa dilindungi dengan payung seadanya, agar tidak membuat basah teks naskah sambutan. Sementara ratusan peserta upacara tetap bergeming di tempat mendengar setiap patah kata sambutan yang disampaikan oleh Pj Bupati Mayuzar.

Pj Bupati Aceh Utara menyerahkan piagam penghargaan kepada 20 tenaga kesehatan
Pj Bupati Aceh Utara menyerahkan piagam penghargaan kepada 20 tenaga kesehatan dok: humas acut

Adapun amanat yang dibacakan Mahyuzar antara lain menyampaikan, bahwa pasca disahkannya Undang-Undang Nomor 17 tahun 2023 tentang Kesehatan, Pemerintah kini sedang menyusun Rencana Induk Bidang Kesehatan (RIBK), yang akan berfungsi sebagai haluan bersama dalam upaya pembangunan kesehatan di seluruh Indonesia. 

RIBK ini, sambung Mahyuzar, harus menjadi acuan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam merencanakan, menganggarkan, dan mengimplementasikan program kesehatan di wilayahnya. 

Halaman:

Editor: Agustiar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah