PPK Banda Sakti Tetap Mangkir di Pleno, KIP Lhokseumawe Tetapkan Rekapitulasi Perhitungan Suara

- 6 Maret 2024, 16:28 WIB
Ilustrasi rapat pleno rekapitulasi hasil pemilu KIP Lhokseumawe
Ilustrasi rapat pleno rekapitulasi hasil pemilu KIP Lhokseumawe /layarberita

Layar Berita - Komisi Independen Pemilu (KIP) Kota Lhokseumawe telah merampungkan penetapan hasil rekapitulasi perhitungan suara Pemilu tahun 2024 untuk 4 kecamatan (Daerah Pemilihan), Selasa 5 Maret 2024.

Namun pada rapat pleno terbuka hari terakhir di tingkat kabupaten/kota ini, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Banda Sakti tetap tidak hadir di pleno.  

Mangkirnya PPK Banda Sakti sejak rapat pleno hari kedua KIP Lhokseumawe, pada Minggu 3 Maret 2024 yang digelar di Hotel Diana, Lhokseumawe.  Kala itu, usai mendapat rekomendasi perbaikan data dari Panwaslih Kota Lhokseumawe, KIP meminta penundaan waktu.

Baca Juga: PPK Banda Sakti ‘Menghilang’, KIP Kota Lhokseumawe Kembali Tunda Pleno Rekapitulasi Pemilu

Namun hingga pukul 17.00 Wib batas waktu yang diminta untuk penundaan sementara, anggota PPK Banda Sakti tidak kembali lagi melanjutkan pembacaan hasil pleno pihaknya di tingkat kecamatan.  

Bahkan hingga pukul 02.00 Wib dini hari tanggal 4 Maret 2024, PPK tidak muncul juga, sehingga rapat pleno kembali ditunda. Pihak KIP Lhokseumawe saat itu mengaku tidak mengetahui kemana perginya ‘bawahan’ mereka yakni penyelenggara di tingkat kecamatan.  

Selang sehari usai penundaan rapat pleno, akhirnya KIP Lhokseumawe kembali menggelar rapat pleno penetapan hasil, pada Selasa 5 Maret 2024.  Rapat yang dimulai pukul 09.00 Wib ini juga tidak dihadiri oleh PPK Banda Sakti.

Meski demikian, KIP akhirnya memutuskan untuk membacakan hasil pleno yang telah dilakukan pihak PPK yang sebelumnya mendapat sanggahan atau keberatan dari sejumlah saksi dan Caleg.  Mengingat hari itu merupakan batas akhir penetapan hasil rekapitulasi tingkat kabupaten/kota.

Ketua KIP Lhokseumawe Abdul Hakim saat penundaan awal, mengaku kepada wartawan tidak mengetahui dimana keberadaan anggota PPK Banda Sakti yang sebelumnya hadir di pleno.  

Halaman:

Editor: Agustiar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah