Miris! Kondisi Terumbu Karang di Pulo Aceh Mengkhawatirkan

- 4 Maret 2024, 16:07 WIB
Kondisi terumbu karang di Pulo Aceh mengalami pemutihan saat dilakukan pengecekan menggunakan grafis kesehatan terumbu karang
Kondisi terumbu karang di Pulo Aceh mengalami pemutihan saat dilakukan pengecekan menggunakan grafis kesehatan terumbu karang /Dok/FJL

 

Layar Berita - Kondisi terumbu karang di pesisir laut kawasan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, perlu mendapat perhatian semua pihak.  Lantaran saat ini terumbu karang berada dalam kondisi yang mengkhawatirkan. 

Hal itu dikatakan Koordinator Forum Jurnalis Lingkungan (FJL) Aceh, Munandar usai melakukan pemantauan langsung di kawasan Pulo Aceh, pulau terluar yang berada di perairan ujung paling barat Indonesia.

Munandar menjelaskan, ketika anggota Divisi Marine FJL melakukan pemantauan di laut Pasi Lambaro, Gampong Gugop, Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Minggu, 3 Maret 2024, ditemukan adanya terumbu karang yang mengalami bleaching atau pemutihan.

Baca Juga: FJL Aceh Bersihkan Sampah Internasional Terdampar di Pantai Balu, Pulo Aceh

"Ketika menggunakan kartu Coral Health Chart (grafis kesehatan terumbu karang) banyak ditemui terumbu karang yang mengalami pemutihan," jelas Munandar, Minggu 4 Maret 2024.

Menurutnya, salah satu penyebab pemutihan terumbu karang ini disebabkan oleh peningkatan suhu laut akibat perubahan iklim. 

Namun, pihaknya tidak menemukan kegiatan penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan (destructive fishing) seperti yang marak diberitakan selama ini.

Pemutihan terumbu karang juga disebabkan oleh meningkatnya sedimentasi, infeksi bakteri, perubahan kadar garam, penggunaan herbisida, penggunaan natrium sianida untuk menangkap ikan, peningkatan keasaman air laut, polusi dan sebagainya.

Halaman:

Editor: Agustiar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah