Persiapan Lebaran Idul Fitri BI Provinsi Aceh Target Rp3 Miliar Penukaran Uang Pecahan Baru

- 27 Maret 2024, 00:50 WIB
Warga mulai antre untuk menukarkan uang pecahan baru untuk Idul Fitri
Warga mulai antre untuk menukarkan uang pecahan baru untuk Idul Fitri /dok/provinsi aceh

Layar Berita - Antrean warga telah mulai terlihat sejak pagi hari untuk menukar uang pecahan baru. Sebelumnya, masyarakat telah diimbau atau diarahkan untuk mendaftar secara online menggunakan aplikasi Pintar dari Bank Indonesia (BI).

Deputi Kepala BI Provinsi Aceh, Prabu Dewanto didampingi Kepala Unit Pengelolaan Uang Rupiah BI Provinsi Aceh, M Ali Yamin, mengatakan, layanan mobil kas keliling rutin dilaksanakan tiap tahunnya. 

Tujuan mobil kas keliling tidak lain, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mendapatkan uang pecahan kecil dalam kondisi baru yang biasanya akan digunakan saat Idul Fitri 2024.

Baca Juga: PT PIM Buka 5 Rute Mudik Gratis BUMN 2024, Catat Mekanisme Pendaftarannya

Prabu menjelaskan, dalam sehari pihaknya menargetkan sekitar 1.000 masyarakat dengan total uang senilai Rp3 miliar per hari. Adapun nominal uang pecahan mulai Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, dan Rp20.000.

“Kita juga melihat animo masyarakat, jika membludak akan kita tambah kuotanya. Ini berlangsung hingga 5 April nanti,” bebernya.

Dia menegaskan, bagi masyarakat yang hendak menukar uang pecahan diwajibkan untuk mendaftarkan secara online terlebih dahulu, agar tidak terjadi antrean panjang.

“Kalau tidak mendaftar secara online maka tidak bisa dilayani, tapi ada petugas kita yang akan membantu untuk masyarakat,” jelasnya.

Untuk diketahui, penukaran uang pecahan baru ini dibatasi maksimal Rp4 juta per hari per orang. Sedangkan untuk jumlah minimal terserah masyarakat, kalau mau menambah bisa dilakukan pada lain hari.

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: acehprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah