Doa agar Diberi Kemudahan dan Keselamatan dalam Perjalanan

- 19 Desember 2023, 17:51 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi /Dok/Agustiar

Layar Berita - Setiap muslim tentunya dianjurkan untuk terus berdoa dan berusaha serta menjauhi hal-hal yang tidak baik.  Begitu juga hal dengan saat seseorang keluar rumah atau melakukan perjalanan yang agak jauh.  Saat menempuh perjalanan, umat Islam sangat dianjurkan untuk memohon kemudahan kepada Allah karena ada potensi bahaya dalam perjalanan. 

Bahkan menurut sebagian riwayat menyebutkan, bahwa perjalanan merupakan setengah dari siksa. Asumsinya, pada perjalanan terdapat potensi bahaya seperti kecelakaan, cuaca ekstrem, ancaman binatang buas, begal, dan sebagainya.

Mengingat inilah, setiap umat islam dianjurkan untuk tidak lupa memanjatkan doa kepada Allah, agar dimudahkan dan mendapat lindungan selama dalam perjalanan.

Baca Juga: Haramkah Seorang Muslim Memelihara Anjing? Ini Hukumnya

Selain itu, doa dari orang yang sedang dalam perjalanan termasuk salah satu doa yang mustajab. Rasulullah bersabda:

روينا في كتب أبي داود والترمذي وابن ماجه عن أبي هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ثلاث دعوات مستجابات لا شك فيهن دعوة المظلوم، ودعوة المسافر، ودعوة الوالد على ولده

“Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda: Ada tiga doa mustajabah yang tidak disangsikan lagi, yaitu doa orang teraniaya, doa orang dalam perjalanan, dan doa orang tua untuk anaknya,” (HR Abu Dawud, At-Tirmiżi, dan Ibnu Majah).

Untuk itu, Islam menganjurkan kita untuk berdoa kepada Allah agar tidak menemukan kesulitan dalam perjalanan yang akan ditempuh. Adapun doa kemudahan perjalanan yang berasal dari Nabi Muhammad saw yang dapat dibaca ketika menempuh perjalanan adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ بِكَ أَسْتَعِيْنُ، وَعَلَيْكَ أَتَوَكَّلُ، اَللَّهُمَّ ذَلِّلْ لِي صُعُوْبَةَ أَمْرِيْ، وَسَهِّلْ عَلَيَّ مَشَقَّةَ سَفَرِيْ، وَارْزُقْنِيْ مِنَ الخَيْرِ أَكْثَرَ مِمَّا أَطْلُبُ، وَاصْرِفْ عَنِّي كُلَّ شَرٍّ، رَبِّ اشْرَحْ لِيِ صَدْرِيْ، وَيَسِّرْ لِيْ أَمْرِيْ

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: kemenag.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah