Penjabat Walikota dan Forkopimda Terima Kunjungan BNPB Pantau Banjir

- 31 Desember 2023, 00:43 WIB
Tim BNPB mengunjungi Kota Lhokseumawe untuk memantau kondisi banjir dan memebrikan arahan penanggulangan dan pencegahan
Tim BNPB mengunjungi Kota Lhokseumawe untuk memantau kondisi banjir dan memebrikan arahan penanggulangan dan pencegahan /Dok/HUmas Lhokseumawe

Layar Berita - Deputi Bidang Penanganan Darurat dan Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) beserta tim mengunjungi Kota Lhokseumawe.  

Rombongan BNPB yang bermaksud meninjau kondisi banjir diterima oleh Pj Wali KOta Lhokseumawe bersama Forkopimda, di Rumah Dinas Wali Kota Lhokseumawe, Jumat 29 Desember 2023 malam.

Pada pertemuan tersebut, kepada Forkopimda Kota Lhokseumawe pihak BNPB yang diwakili Deputi Rehab Rekontruksi Jarwansyah dan Deputi Penanganan Darurat Mayjen Fajar Setyawan, guna melihat langsung kondisi banjir di Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara.

Baca Juga: Masuk 3 Besar Dunia, Temuan Cadangan Migas di Aceh Diklaim Melebihi Cadangan Arab Saudi

Tim BNPB menjelaskan, bahwa saat ini sesuai perkiraan BMKG dengan adanya anomali cuaca dan diperkirakan cuaca ekstrim dengan curah hujan tinggi hingga Maret 2024.  Dengan demikian sangat wajar kemungkinan terjadinya banjir dan tanah longsor.

Melihat perkiran kondisi ini, pihaknya meminta pemerintah daerah untuk mempersiapkan SK siaga ataupun Tanggap Darurat.  SK tersebut nantinya segera di ajukan kepada KPNPB untuk segera ditindaklajuti. 

Selebihnya adalah operasional di Siaga Darurat, diantaranya normalisasi sungai sebatas kemampuan dan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE).

Pihak BNPB juga mengingatkan pentingnya keterlibatan TNI dan Polri dalam penanganan bencana.  Lantaran kedua institusi inilah yang paling siap di operasionalkan dan Pemerintah Kota Lhokseumawe telah melibatkannya.

Selain itu, BNPB akan menurunkan tim untuk melakukan verifikasi kondisi lapangan segera terkait penangan di lapangan

Halaman:

Editor: Agustiar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x