Megawati Soekarnoputri Nilai Pemilihan Langsung Diganti ke Pemilihan di MPR Bukanlah Solusi

- 25 Mei 2024, 01:13 WIB
Ketum PDI Perjuangan menyampaikan pidato politiknya pada Rakernas
Ketum PDI Perjuangan menyampaikan pidato politiknya pada Rakernas /pdip.id

Layar Berita - Ketua Umum PDI Perjuangan, Prof. Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri menyoroti soal anomali demokrasi yang terjadi pada proses politik saat ini. Walaupun demikian, Megawati menyatakan bahwa mencabut mekanisme pemilihan langsung dan mengganti ke pemilihan di MPR adalah solusi.

Menurut Megawati, dalam menghadapi anomali demokrasi saat ini, solusinya bukan mencabut atau menarik hak rakyat yang berdaulat. Termasuk jika ada suara yang mendorong mengembalikan kembali hak memilih presiden/wakil presiden kepada lembaga MPR RI.

Megawati meyakini bahwa suara rakyat adalah suara Tuhan. Hal itu disampaikan Megawati saat menyampaikan pidato politiknya saat pembukaan Rakernas V Partai di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, Jumat 24 Mei 2024.

Baca Juga: Megawati Soekarnoputri Tegaskan Kesatuan Rakyat dalam Pembukaan Rakernas V PDI-Perjuangan

Adapun tema Rakernas V PDI Perjuangan yakni “Satyam Eva Jayate: Kebenaran Pasti Menang" dan subtema "Kekuatan Persatuan Rakyat dalam Kebenaran”.

“Menghadapi berbagai anomali demokrasi tersebut, tentu pilihannya bukanlah dengan mencabut hak rakyat, dan mengembalikannya ke dalam tangan MPR RI. Pilihan yang lebih bijak adalah percaya pada adagium Vox Populi Vox Dei. Bahwa suara rakyat adalah suara Tuhan,” ungkap Megawati.

Presiden Kelima RI ini justru mengingatkan pihak-pihak yang telah mengaburkan kekuatan ‘suara rakyat adalah suara Tuhan’ tersebut. Ia mengutip sebuah peribahasa, dimana hal itu juga tertuang dalam perenungan seni karya budayawan Butet Kartaredjasa.

“Siapa Menabur Angin Akan Menuai Badai, ataupun dalam berbagai ekspresi: ‘Milik Nggendong Lali’ yang menjadi  tema perenungan sosok seniman Butet Kartaredjasa,” jelas Megawati.

Sebagai informasi, Rakernas V PDI Perjuangan digelar pada 24-26 Mei 2024 di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta. Adapun Rakernas kali ini mengusung tema “Satyameva Jayate: Kebenaran Pasti Menang" dan subtema "Kekuatan Persatuan Rakyat dalam Kebenaran”.

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: pdiperjuangan.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah