BMKG Prediksi Suhu Panas Maksimum di Indonesia Capai 36 Derajat Celsius

- 12 Juni 2024, 14:05 WIB
Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan pantauan suhu udara di Kantor BMKG, Jakarta
Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan pantauan suhu udara di Kantor BMKG, Jakarta /Antara

 

Layar Berita – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan bahwa suhu maksimum di sebagian besar wilayah Indonesia diprediksi mencapai hingga 36 derajat Celsius dalam sepekan ke depan. Peringatan ini didasarkan pada analisis yang dilakukan oleh tim ahli meteorologi BMKG.

Tim Pusat Meteorologi Publik BMKG yang dipimpin oleh Miming, dalam keterangannya di Jakarta pada Selasa, 11 Juni 2024, mengungkapkan bahwa suhu panas maksimum tersebut telah dirasakan di beberapa wilayah. Di antaranya, Sumatera Utara, Aceh, Jawa Timur, dan Bali mengalami suhu tertinggi, dengan Aceh mencatat suhu 36,6 derajat Celsius dan Sumatera Utara 35,9 derajat Celsius.

Suhu panas maksimum yang berkisar antara 34,8 hingga 34,0 derajat Celsius juga melanda sebagian besar wilayah di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Banten, Sumatera Selatan, Jawa Timur, dan Bali.

Baca Juga: BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem di Sejumlah Wilayah Indonesia

"Kondisi ini masih perlu kita waspadai dalam sepekan ke depan, di mana siang hari menjadi titik suhu terpanas," kata Miming.

Tim meteorologi BMKG mengkonfirmasi bahwa suhu panas maksimum pada siang hari ini umumnya disebabkan oleh gerak semu matahari yang berada pada jarak terdekat dengan ekuator. Fenomena ini juga menandakan bahwa musim kemarau mulai melanda Indonesia, yang diprediksi akan berlangsung dari Juni hingga September 2024.

Untuk mengurangi dampak suhu panas, BMKG mengimbau masyarakat untuk mengonsumsi air mineral secara cukup dan teratur untuk mencegah dehidrasi, terutama saat beraktivitas di luar ruangan.

Selain itu, masyarakat disarankan menggunakan pelindung seperti topi atau payung untuk melindungi kepala dan tubuh bagian atas, kacamata hitam untuk melindungi mata, dan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV).

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah