Unsyiah Dipilih untuk Sosialisasi Program Beasiswa Doktor oleh BRIN

- 16 Juni 2024, 16:00 WIB
Unsyiah Dipilih untuk Sosialisasi Program Beasiswa Doktor oleh BRIN
Unsyiah Dipilih untuk Sosialisasi Program Beasiswa Doktor oleh BRIN /dok/USK

 

Layar Berita – Universitas Syiah Kuala (USK) terpilih sebagai salah satu kampus tempat sosialisasi Program Manajemen Talenta BRIN dan Program Beasiswa Doktor Talenta Riset dan Inovasi Nasional LPDP. Kegiatan ini diselenggarakan di VIP AAC Dayan Dawood, Jumat, 14 Juni 2024.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi BRIN, Edy Giri Rachman Putra, menjelaskan bahwa program ini telah dirancang sejak dua tahun lalu untuk mengoptimalkan potensi talenta di Indonesia, khususnya dosen dan tenaga kependidikan.

"Kita masih tertinggal dari sisi SDM dibandingkan negara lain. Dengan bonus demografi yang kita miliki, ada peluang untuk melampaui ketertinggalan ini. Kami berharap program ini dapat membantu mencetak generasi unggul," ujarnya dalam rilis kepada MC Aceh. Edy juga mengungkapkan bahwa sebuah Peraturan Presiden tentang Manajemen Talenta akan segera diterbitkan.

Baca Juga: Mahasiswa USK Raih Kesempatan Fully Funded untuk Jelajahi Kebudayaan di Yogyakarta

Program beasiswa doktor untuk talenta riset nasional BRIN menargetkan empat bidang utama: Pemanfaatan Biodiversitas Laut, Kemaritiman dan Laut Dalam, Nuklir dan Teknologi Radiasi, serta Teknologi Satelit dan Avionik. "Bidang-bidang ini memiliki potensi besar yang belum digarap optimal," tambahnya.

Sosialisasi di USK juga merupakan bentuk implementasi MoU antara BRIN dan USK yang telah berjalan selama enam bulan. Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan, menyampaikan apresiasinya kepada BRIN atas kolaborasi ini. "Kami berharap lebih banyak alumni USK yang terlibat dalam program ini," katanya.

Prof. Marwan juga menekankan pentingnya kesiapan akademik bagi penerima beasiswa by riset. "USK telah mengusulkan tujuh doktor by riset. Kami optimis memiliki peluang besar, terutama dengan program BRIN yang sejalan dengan fokus kami pada pemanfaatan sumber daya laut dalam," tutupnya.***

Editor: Agustiar

Sumber: InfoPublik.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah