Indonesia Maju ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

- 12 Juni 2024, 10:05 WIB
Ekspresi pemain timnas Indonesia usai membobol gawang Filipina
Ekspresi pemain timnas Indonesia usai membobol gawang Filipina /Antara

 

Layar Berita – Tim Nasional Indonesia berhasil melangkah ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia setelah mengalahkan Filipina dengan skor 2-0. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Selasa malam, 11 Juni 2024, ini menjadi penentu kelolosan Tim Garuda.

Kemenangan ini memastikan Indonesia menempati posisi kedua di klasemen akhir Grup F dengan raihan sepuluh poin. Posisi ini tidak mungkin dikejar oleh Vietnam yang berada di peringkat ketiga dengan enam poin, meskipun masih menyisakan satu pertandingan melawan Irak pada Rabu dini hari Waktu Indonesia Barat.

Selain memastikan langkah ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia juga dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia 2027. Dengan ini, Indonesia menjadi negara ke-15 yang memastikan tempat di ajang bergengsi tersebut.

Baca Juga: Jose Mourinho Optimis Cristiano Ronaldo Masih Punya Peran Besar di Euro 2024

Sejak peluit awal, Indonesia langsung menunjukkan inisiatif serangan. Thom Haye menjadi motor serangan dengan aksi cepatnya di lini belakang pertahanan Filipina, menghasilkan umpan silang yang hampir berbuah gol oleh Ragnar Oratmangoen.

Gol pertama lahir pada menit ke-31 setelah pemain Filipina melakukan kesalahan operan di lini tengah. Bola direbut oleh Haye yang kemudian melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti, menghujam sudut kiri atas gawang lawan dan membawa Indonesia unggul 1-0.

Pada menit ke-55, keunggulan Indonesia bertambah. Tendangan bebas yang dihasilkan dari pelanggaran terhadap Ragnar dieksekusi dengan baik oleh Nathan Tjoe-A-On dan disambut sundulan bek tengah Rizky Ridho, mengubah skor menjadi 2-0.

Pertandingan sempat diwarnai insiden menjelang akhir laga. Kiper Indonesia, Ernando Ari, berbenturan dengan Adrian Ugelvik dari Filipina saat berduel di udara. Insiden ini cukup serius hingga ambulans harus masuk ke lapangan untuk mengangkut pemain Filipina yang cedera.

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah