Kemenkes Minta Masyarakat Waspadai Email Phising Mengatasnamakan SATUSEHAT

- 30 April 2024, 13:40 WIB
Hati-hati Ini Cara Mengenali dan Mencegah Phising Data,Hijacking dan Scam Terhadap Ancaman Cyber
Hati-hati Ini Cara Mengenali dan Mencegah Phising Data,Hijacking dan Scam Terhadap Ancaman Cyber /*/mantrasukabumi.com

Layar Berita - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) mendapatkan laporan adanya percobaan praktik phising (pengelabuan) melalui surel atau email dengan mencatut nama SATUSEHAT Kemenkes RI. Tautan phising tersebut berisi permintaan verifikasi data kesehatan.

Staf Ahli Bidang Teknologi Kesehatan sekaligus Chief of Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes RI Setiaji, mengajak semua pihak untuk waspada dengan berbagai praktik kejahatan siber yang dapat mengganggu pemanfaatan program transformasi digital kesehatan.

“Saya mengimbau kepada fasyankes dan masyarakat secara umum untuk tidak mengakses link (tautan) yang dianggap mencurigakan. Termasuk memberikan informasi pribadi melalui email maupun kanal komunikasi lainnya,” ujar Setiaji, Senin 29 April 2024.

Baca Juga: Bareskrim Polri Bongkar Penipuan ‘Love Scamming’ Internasional, Raih Rp 50 M per Bulan

Setiaji menjelaskan, setiap situs web (website) maupun email yang terafiliasi resmi dengan Kemenkes RI hanya menggunakan domain kemkes.go.id. Sementara itu, akun media sosial resmi, baik WhatsApp, Instagram, maupun X, memiliki tanda verifikasi dengan tanda centang di tiap profilnya.

Dari laporan yang diterima, tautan phising tersebut dikirim melalui email yang tidak menggunakan domain kemkes.go.id ke sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes). 

“Tidak menutup kemungkinan link phishing serupa juga dikirimkan kepada masyarakat dengan memanfaatkan kanal komunikasi yang sama maupun berbeda, seperti WhatsApp atau aplikasi pesan singkat lainnya,” kata Setiaji.

Setiaji mengingatkan masyarakat untuk selalu teliti dan memperhatikan asal akun pengirim pesan. Adapun, informasi resmi terkait SATUSEHAT dapat diakses melalui kanal satusehat.kemkes.go.id.

“Apabila mendapatkan informasi selain dari website tersebut, mohon abaikan dan laporkan ke Halo Kemenkes atau melalui [email protected],” ujar Setiaji.

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: kemenkes.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah