Pj Bupati Aceh Utara Kukuhkan Pengurus Kampung Siaga Bencana di Tiga Kecamatan

- 27 Mei 2024, 15:05 WIB
Pj Bupati Aceh Utara Kukuhkan Pengurus Kampung Siaga Bencana di Tiga Kecamatan
Pj Bupati Aceh Utara Kukuhkan Pengurus Kampung Siaga Bencana di Tiga Kecamatan /dok/Humas Acut

 

Layar Berita - Pemerintah Kabupaten Aceh Utara mengukuhkan pengurus Kampung Siaga Bencana (KSB) di Lapangan Bola Kaki Gampong Jamuan, Kecamatan Banda Baro, Senin, 27 Mei 2024.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Sosial RI yang membawahi gugus relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) ini, dikukuhkan oleh Penjabat Bupati Aceh Utara Mahyuzar, dalam bentuk apel siaga.

Adapun prosesi pengukuhan pengurus KSB Kecamatan Banda Baro dihadiri oleh 200 orang relawan Tagana di kecamatan tersebut. Juga turut hadir sejumlah pengurus Tagana pusat, pejabat Kemensos RI, Kepala Dinas Sosial dan PPPA Aceh Utara Iskandar, Camat Banda Baro M Amin, para geusyik dan pejabat terkait lainnya.

Baca Juga: Kabar Gembira! Disdukcapil Aceh Utara Siap Antar Jemput Layanan KTP Elektronik ke Rumah Lansia

Pj Bupati Aceh Utara Mahyuzar, secara terpisah mengucapkan selamat dan apresiasi atas terbentuknya Kampung Siaga Bencana  (KSB) Kecamatan Banda Baro. Dirinya berharap dengan terbentuknya KSB, dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan kesiapsiagaan secara mandiri.

“Semoga dapat memberikan edukasi, kesadaran serta pemahaman yang mendalam kepada masyarakat dalam meningkatkan kesiapsiagaan secara mandiri dan partisipatif terhadap kegiatan pencegahan, mitigasi, dan tanggap darurat serta pemulihan dalam menghadapi bencana," kata Mahyuzar.

Lanjutnya, dalam penanggulangan bencana di daerah diperlukan koordinasi dan kerjasama yang terintegrasi dengan berbagai pihak. Kompleksitas masalah yang diakibatkan oleh bencana tidak bisa dipandang hanya pada satu sektor saja. Melainkan secara menyeluruh, baik pada sektor kesehatan, sosial, pekerjaan umum, perhubungan, energi dan sumber daya mineral, tenaga kerja dan transmigrasi, keuangan, kehutanan, lingkungan hidup, kelautan, lembaga penelitian, serta TNI/ Polri.

Semua sektor tersebut memiliki peran dan tanggung jawab masing-masing dalam mendukung upaya penyelenggaraan penanggulangan bencana di daerah. Upaya penanggulangan bencana dapat disadari sebagai wujud tanggung jawab moral seluruh elemen.

Halaman:

Editor: Agustiar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah