Beda dengan Kota Lhokseumawe, Kemeriahan Malam Idul Adha di Banda Aceh Dihiasi Pawai Takbir

- 16 Juni 2024, 08:00 WIB
Ilustrasi pawai obor malam takbiran di Kota Lhokseumawe
Ilustrasi pawai obor malam takbiran di Kota Lhokseumawe /dok/layarberita/fachreza

 

Layar Berita - Malam Idul Adha tahun ini kembali diramaikan dengan pawai takbir keliling di Banda Aceh. Kegiatan ini diinisiasi oleh Pemerintah Aceh melalui UPTD Masjid Raya Baiturrahman, menghadirkan pawai berjalan kaki dan mobil hias dalam rangka menyambut malam yang penuh berkah ini yang akan dilaksanakan pada  malam Idul Adha 1445 Hijriah, Ahad, 16 Juni mendatang.

"Pawai takbir ini diikuti oleh 25 grup, baik mobil hias maupun pejalan kaki, dengan rute yang sama seperti pawai Idul Fitri sebelumnya," ujar Kepala UPTD Masjid Raya Baiturrahman, Saifan Nur, di Banda Aceh, Sabtu malam, 15 Juni 2024.

Rute pawai takbir keliling dimulai dari gerbang menara Masjid Raya Baiturrahman, melintasi Simpang Kodim, Simpang Peuniti, Simpang Surabaya, Simpang Beurawe, kemudian berlanjut ke Simpang Jambo Tape, Bundaran Simpang Lima, dan kembali ke Simpang Kodim, berakhir di depan Masjid Raya Baiturrahman.

Baca Juga: Pemko Lhokseumawe Tidak Adakan Takbir Keliling, Imbau Masyarakat Takbiran di Masjid

Menurut Saifan, tujuan dari kegiatan ini selain untuk menyemarakkan Idul Adha juga untuk memotivasi semangat takbir di kalangan masyarakat Aceh. "Dengan terlaksananya syiar takbiran melalui kegiatan pawai, diharapkan mampu menanamkan gema takbiran di hati rakyat Aceh di bumi Serambi Mekkah," ujarnya.

Pawai malam takbiran Idul Adha ini diramaikan oleh 25 grup yang terdiri dari berbagai remaja masjid dan komunitas di Banda Aceh. Di antaranya adalah remaja Masjid Al-Muhyi, Masjid Al-Furqan Gampong Beurawe, Masjid Ruhul Jadid, Masjid Babunnajah Gampong Surien, Masjid Al-Magfirah Lamdingin, dan Masjid Gampong Lamgugob.

Grup lainnya yang ikut serta termasuk Masjid Meunasah Manyang Pagar Air, Masjid Gampong Lam Geu Eu, Masjid Gampong Klieng Cot Aron, Masjid Gampong Miruek Taman, Masjid Baitul Makmur Gampong Lampeuneurut, Masjid Al-Huda, dan Masjid Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U.

Tidak ketinggalan, Masjid Ruhul Fata Gampong Ajun, Meunasah Baburrahmah Lampoh Daya, Meunasah Al-Furqan Gampong Mibo, Masjid Taqwa Gampong Setui, Remaja Masjid Al-Ishlahiyah Gampong Lambhuk, dan Remaja Masjid At-Taqwa Lampupok juga turut ambil bagian.

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah