Pemko Lhokseumawe Tidak Adakan Takbir Keliling, Imbau Masyarakat Takbiran di Masjid

- 15 Juni 2024, 22:28 WIB
ILustrasi pawai obor memperingati malam Idul Adha yang tahun ini tidak digelar takbiran keliling
ILustrasi pawai obor memperingati malam Idul Adha yang tahun ini tidak digelar takbiran keliling /dok/layarberita/fachreza

 

Layar Berita – Pemerintah Kota Lhokseumawe memutuskan untuk tidak mengadakan takbir keliling pada perayaan Idul Adha tahun ini. Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Lhokseumawe, Darius, menyampaikan hal tersebut kepada Layar Berita pada Sabtu, 15 Juni 2024.

"Sehubungan dengan perayaan Idul Adha tahun ini, Pemerintah Kota Lhokseumawe menyampaikan tidak mengadakan takbir keliling namun tidak melarang bagi masyarakat yang ingin melaksanakan takbiran keliling," ujar Darius.

Meski demikian, Pemko Lhokseumawe bersama Forkopimda akan melaksanakan Takbiran Idul Adha di Pelataran Masjid Islamic Center. Masyarakat didorong untuk melaksanakan takbir dengan cara yang lebih aman, seperti di masjid atau meunasah setempat.

Baca Juga: Penjualan Kulit Ketupat di Lhokseumawe Melonjak Jelang Idul Adha

"Kami memahami bahwa takbir keliling adalah tradisi yang sangat berharga dan bermakna bagi banyak warga. Namun, keputusan ini diambil demi kepentingan bersama dan keselamatan seluruh masyarakat," jelas Darius.

Menurut Darius, langkah ini diambil dengan mempertimbangkan aspek keselamatan dan keamanan masyarakat. Selain itu, kegiatan takbir di masjid diharapkan dapat menjaga kekhusyukan ibadah serta menghindari potensi kerumunan yang bisa membahayakan kesehatan.

Pemko Lhokseumawe juga berharap masyarakat dapat memahami dan mendukung keputusan ini. "Kami juga mengajak seluruh warga untuk tetap menjaga semangat Idul Adha dengan berbagi, beribadah, dan menjaga tali silaturahmi dengan tetap mematuhi aturan yang ada," tambahnya.

Selain itu, pemerintah kota menghimbau agar warga tetap mematuhi protokol kesehatan selama perayaan Idul Adha, mengingat pentingnya menjaga kesehatan diri dan orang lain di tengah situasi yang masih rentan.

Halaman:

Editor: Agustiar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah