Timnas Indonesia Sudah Berjuang, Peluang 16 Besar Piala Asia Belum Tertutup

- 25 Januari 2024, 12:30 WIB
Laga Timnas Indonesia vs Jepang pada Grup D Piala Asia.
Laga Timnas Indonesia vs Jepang pada Grup D Piala Asia. /dok/pssi

Layar Berita - Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Jepang pada laga terakhir Grup D Piala Asia 2023. Skuad Garuda Indonesia harus menerima kekalahan 1-3 di atas Jepang, Stadion Al Thumama, Doha, Rabu 24 Januari 2024.

Pada laga baru berjalan lima menit, Jordi Amat melakukan pelanggaran terhadap Ayase Ueda di kotak penalti. Momen itu tidak membuat wasit Khamis Mohammed Al-Marri asal Qatar langsung memberikan tendangan penalti (12 pas) untuk Jepang.

Penalti diberikan setelah wasit Khamis Al-Marri meninjau VAR. Bertindak sebagai algojo penalti adalah Ayase Ueda dan berhasil mencetak gol.

Baca Juga: Baca Juga: Piala Soeratin U-13 Makin Ketat, Ini Hasil Pertandingan 23 Januari 2024

Sepanjang 15 menit pertama Indonesia kesulitan mengembangkan permainan. Sementara itu, Jepang terus mengurung pertahanan Garuda.

Peluang pertama Indonesia didapatkan melalui aksi Marselino Ferdinan. Pemain asal KMSK Deinze itu melakukan pergerakan dari sisi kanan pertahanan Jepang, kemudian melepaskan umpan ke dalam kotak penalti, tetapi diblok oleh Yuta Nakayama, sehingga hanya menghasilkan sepak pojok.

Menit ke 34 Jepang memberikan ancaman lewat Keito Nakamura. Namun, upayanya masih mengenai tiang kanan gawang Indonesia.

Pada babak kedua, Jepang mendapatkan gol cepat pada menit ke 51. Gol kembali dilesakkan oleh Ayase Ueda.  Gol ini langsung merubah kedudukan skor 2-0 untuk Jepang.

Pemain bernomor punggung 9 itu tinggal mencocor bola yang dilepaskan oleh Ritsu Doan. Ayase Ueda yang tidak terkawal langsung meneruskan bola itu ke gawang Indonesia.

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: pssi.org


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah