Puluhan Jurnalis Aceh Utara dan Lhokseumawe Dijejali Pengetahuan Migas dan Etika Peliputan Sektor Energi

- 20 Desember 2023, 22:02 WIB
Puluhan wartawan di Aceh Utara dan Lhokseumawe mengikuti edukasi tentang Migas dan etika pelipitan sektor energi
Puluhan wartawan di Aceh Utara dan Lhokseumawe mengikuti edukasi tentang Migas dan etika pelipitan sektor energi /Dok/PAG

Layar Berita - PT Perta Arun Gas (PAG) bekerja sama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Lhokseumawe, menggelar kegiatan edukasi bagi jurnalis Lhokseumawe dan Aceh Utara, di Gardenia Room, Guest House PAG, Rabu 20 Desember 2023. 

Kegiatan tersebut dibuka Corporate Secretary PAG, Hatim Ilwan. Selang beberapa waktu, Manager Commercial & Customer Relation PAG, Teuku Faris Riandi memberikan sharing knowledge dengan memaparkan profil bisnis perusahaan tersebut. 

Materi selanjutnya, dua orang Redaktur Bisnis Indonesia (bisnis.com), Rayful Mudassir dan Denis Riantiza, tampil secara daring sebagai narasumber. 

Baca Juga: Kapolda Aceh Lakukan Patroli Udara Pantau Situasi Perairan untuk Antisipasi Kedatangan Pengungsi Rohingya

Dimana Rayful memberikan penyegaran terkait meliput isu energi, sedangkan Denis menyampaikan materi etika meliput sektor energi.

Tantangan Meliput Isu Energi

Rayful menjelaskan sejumlah tantangan meliput isu energi di Aceh. Di antaranya, besarnya isu energi di Aceh tidak diimbangi dengan kecukupan sumber daya manusia dalam hal peliputan isu energi di lapangan. 

"Tidak banyak jurnalis yang mengenal isu energi yang cukup baik. Kondisi ini berpengaruh dalam penyajian berita termasuk di daerah," ujarnya.

Selain itu, kata Rayful, keterbatasan informasi masih menjadi tantangan bagi jurnalis di Aceh. Data terkait energi masih terus dipungut dari sumber-sumber yang terbatas.

"Masih minimnya pembahasan isu energi di masyarakat kecuali berkaitan dengan sektor hilir seperti LPG maupun BBM. Belum lagi tidak banyak narasumber yang dapat berbicara tentang energi," ujarnya.

Halaman:

Editor: Agustiar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah