Melalui Pemanfaatan Teknologi Digital, Pelaku UMKM dapat Menjadi Pemain Global

- 21 November 2023, 18:46 WIB
Penjabat Walikota Lhokseumawe, Imran memberikan sambutan saat Seminar Nasional UMKM APEKSI yang digelar di GOR Universitas Malikussaleh, Senin 20 November 2023
Penjabat Walikota Lhokseumawe, Imran memberikan sambutan saat Seminar Nasional UMKM APEKSI yang digelar di GOR Universitas Malikussaleh, Senin 20 November 2023 /dok: humas pemko

Layar Berita, Lhokseumawe – Penjabat Wali Kota Lhokseumawe berharap Sarasehan UMKM APEKSI Komwil I menjadi panggung inspiratif untuk menginspirasi satu sama lain.  Hal ini disampaikan saat membuka Seminar Nasional UMKM APEKSI yang digelar di GOR Universitas Malikussaleh, Senin 20 November 2023.

Acara tersebut dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Medan, Muhammad Sofyan, mewakili Ketua Komwil I APEKSI.  Dalam sambutannya, Muhammad Sofyan, memberikan gambaran tentang pentingnya digitalisasi untuk UMKM. Dirinya menyampaikan bahwa perkembangan teknologi, terutama penggunaan internet, telah menciptakan peluang baru bagi pelaku UMKM. 

"Kami berharap agar para pelaku UMKM dapat memanfaatkan teknologi secara optimal, sehingga UMKM dapat menjadi pemain global. Digitalisasi bukan hanya kebutuhan, melainkan suatu keniscayaan untuk memajukan UMKM ke tingkat yang lebih baik," ujar Muhammad Sofyan.

Baca Juga: Tabuhan Rapai Tandai Pembukaan Sarasehan UMKM Komisariat Wilayah I Apeksi di Kota Lhokseumawe

Sofyan juga menambahkan, bahwa dalam beberapa tahun terakhir perkembangan teknologi pada sistem pembayaran telah menciptakan bisnis model baru, memunculkan pemain baru.  Hal ini membuat perubahan kebiasaan konsumen serta telah pula mengubah struktur perekonomian dan keuangan di berbagai negara.

”Melalui momen ini tentunya Apeksi Komwil I mengambil kesempatan dalam mengembangkan UMKM di kota masing-masing dengan melakukan atau mengadakan seminar nasional ini,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Pj Walikota Imran menyampaikan bahwa digitalisasi bukan hanya peluang, tetapi juga keniscayaan bagi UMKM. Ia mengajak para peserta untuk bersama-sama menjelajahi peluang-peluang baru dan merancang strategi implementasi digitalisasi yang tepat.

Seminar Nasional UMKM APEKSI yang digelar di GOR Universitas Malikussaleh, Senin 20 November 2023.
Seminar Nasional UMKM APEKSI yang digelar di GOR Universitas Malikussaleh, Senin 20 November 2023. dok: humas pemko

"Sarasehan ini bukan hanya wadah berbagi pengetahuan, tetapi juga forum diskusi untuk saling menginspirasi dan merumuskan langkah-langkah konkret dalam mewujudkan digitalisasi yang inklusif dan berkelanjutan bagi UMKM," ungkap Imran.

Halaman:

Editor: Agustiar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah