Dayah Insan Qurani Wisuda 124 Santri, 50 Orang Mampu Hafal Al Quran 30 Juz

- 10 Mei 2024, 15:58 WIB
Dayah Insan Qurani melakukan wisuda terhadap 124 santri
Dayah Insan Qurani melakukan wisuda terhadap 124 santri /dok/kemenag

 

Layar Berita - Dayah Insan Qurani (IQ) Aceh Besar melakukan wisuda sebanyak 124 santri. Dari jumlah santri yang diwisuda, 50 orang diantaranya telah mengkhatamkan hafalan Al-Qur'an 30 juz.

Wisuda santri Dayah IQ angkatan ke-8 digelar di Gedung UCC K.H. Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah, Banda Aceh, Rabu 8 Mei 2024. Dimana pihak Dayah IQ ikut memberikan syahadah atau ijazah kepada para santri yang telah mengkhatamkan hafalannya.

Dari jumlah total wisuda tahun ini, 70 persen telah diterima di berbagai universitas di Indonesia maupun luar negeri. Dalam wisuda kali ini, Mulkil Achyar dan Nazwa Riyana ditetapkan sebagai santriwan dan santriwati lulusan terbaik tahun ajaran 2023/2024. 

Baca Juga: Selamat, Mahasiswi Migas Politeknik Negeri Lhokseumawe Raih Juara Mahasiswa Berprestasi

Prosesi wisuda tahun ini diwarnai suasana rasa haru, keheningan langsung mendera seketika saat para santri yang telah menghafal 30 juz Al-Qur'an memakaikan replika mahkota kepada orangtua atau wali mereka.

Pimpinan Dayah IQ Muzakkir mengatakan, sejauh ini Dayah IQ telah melahirkan banyak huffaz yang saat ini telah tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan juga luar negeri, baik sebagai pengajar maupun mahasiswa.

"Kita telah menunjukkan kiprah dalam dunia pendidikan. Alumni IQ tidak hanya berprestasi di Aceh saja. Tapi lebih dari itu, alumni kita telah menunjukkan kiprahnya dan potensi mereka baik di dunia kerja maupun di dunia pendidikan tinggi," kata Muzakkir.

Lanjut Muzakkir, dirinya berharap para wisudawan dapat mengabdi di tengah masyarakat dan menjadi jawaban atas segala persoalan keumatan yang dihadapi masyarakat.

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: kemenag.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah