Kemensos Gelar Operasi Katarak Gratis 2.022 Lansia, Tri Rismaharini: Bek Yo yo Hana Saket

- 29 Mei 2024, 17:58 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat menyemangati para lansia yang akan menjalani operasi katarak di RSUD Cut Mutia Aceh Utara
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat menyemangati para lansia yang akan menjalani operasi katarak di RSUD Cut Mutia Aceh Utara /layarberita

Layar Berita - Memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2024,  Kementerian Sosial menggelar operasi katarak gratis yang dilakukan terhadap 2.022 pengidap katarak dan diselenggarakan di berbagai wilayah Indonesia.

Operasi katarak gratis ini dilakukan dengan melibatkan rumah sakit umum daerah dan dokter spesialis mata serta menggunakan peralatan canggih yang didatangkan dari Jakarta untuk mempercepat proses operasi dan memperkecil risiko pasca-operasi.

Khusus di Kabupaten Aceh Utara yang menjadi tempat penyelenggaraan puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) sebanyak 392 pasien telah lolos skrining dan dinyatakan layak menjalani operasi. Bahkan Menteri Sosial Tri Rismaharini, langsung memantau para Lansia yang menjalani operasi katarak.

Baca Juga: Hari Lanjut Usia Nasional Dipusatkan di Aceh Utara: Diwarnai Beragam Kegiatan

Saat berada di RSUD Cut Mutia, Kabupaten Aceh Utara, Mensos Risma langsung memberikan semangat kepada sejumlah Lansia yang akan menjalani operasi katarak.  Dengan menggunakan bahasa Aceh, Mensos mencoba menyemangati para lansia yang hadir.

"Bek Yo Yo, hana peu, hana saket (jangan takut-takut, tidak apa-apa, tidak sakit)," ujar Mensos Risma dalam bahasa Aceh di hadapan para lansia yang didampingi istri Pj Bupati Aceh Utara dan sejumlah dokter RSUD Cut Mutia, Rabu 29 Mei 2024.

Menteri Risma juga mencoba menjelaskan bagaimana tahapan operasi katarak yang akan dilakukan terhadap para lansia.  Bahkan Mensos Risma juga kembali menyemangati dengan mengatakan, kalau setelah itu nanti para pasien akan dapat melihat dengan jelas selesai operasi.

"Euntek tanyo jeut takalon yang lagak (nanti bisa melihat yang indah-indah)," ucap Risma yang dibantu pandu oleh istri Pj Bupati Aceh Utara.

Para lansia yang akan menjalani operasi katarak dilakukan pemeriksaan kesehatan dan skrening oleh tim medis di RSUD Cut Mutia
Para lansia yang akan menjalani operasi katarak dilakukan pemeriksaan kesehatan dan skrening oleh tim medis di RSUD Cut Mutia layarberita.com

Halaman:

Editor: Agustiar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah