Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 di Blok Rokan: Simbol Kemandirian Energi Indonesia

- 25 Mei 2024, 15:27 WIB
Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 di Blok Rokan
Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 di Blok Rokan /Antara

 

Layar Berita – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) memilih Lapangan Blok Rokan, Riau, sebagai lokasi upacara puncak peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2024. Keputusan ini bukan tanpa alasan, melainkan untuk menunjukkan kemandirian Indonesia dalam hal ketahanan energi.

"Kenapa di Dumai? Kita ketahui, Blok Rokan ini sebelumnya dikelola perusahaan asing, Chevron. Sejak 2021, Blok Rokan telah kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi dan dikelola pemerintah melalui BUMN, dalam hal ini Pertamina Hulu Rokan," jelas Ketua Tim Survei Upacara Peringatan Harlah Pancasila Sarwo Edy dalam keterangan tertulisnya di Jakarta seperti yang dilansir Antara, Jumat, 24 Mei 2024.

Pemilihan lokasi ini menjadi simbol kemandirian bangsa dalam mengelola sumber daya alamnya. Hal ini sejalan dengan tema peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini, yaitu "Bangunlah Jiwa dan Raga untuk Indonesia Maju".

Baca Juga: Pemerintah Indonesia Targetkan Populasi Kendaraan Listrik di Tahun 2030 Mencapai 2 Juta Unit Mobil Listrik

"Peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini menegaskan kepada seluruh rakyat Indonesia bahwa dalam hal ketahanan energi kita sudah mampu," ujar Sarwo Edy.

Persiapan matang telah dilakukan di lokasi, bekerja sama dengan Pemda dan Pertamina Hulu Rokan (PHR) Dumai. BPIP terus mematangkan persiapan agar Lapangan Garuda PHR Dumai dapat digunakan untuk upacara kenegaraan.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir langsung sebagai inspektur upacara, didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Ketua MPR Bambang Soesatyo akan bertindak sebagai pembaca teks Pancasila, Ketua DPR Puan Maharani sebagai pembaca UU 1945, dan Menko PMK Muhadjir Effendy sebagai pembaca doa.

Upacara akan melibatkan Paskibraka tingkat nasional dan Provinsi Riau, dengan perkiraan seribu peserta dari unsur TNI, Polri, ASN, pegawai PT Pertamina, dan pelajar.

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah