BNPB Siapkan 335 Unit Rumah Baru Tahan Bencana untuk Korban Banjir Lahar Dingin Marapi

- 22 Mei 2024, 18:37 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi terdampak bencana banjir bandang lahar dingin Gunung Marapi di Nagari Bukik Batabuah, Agam, Sumatera Barat, Selasa (21/5/2024)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi terdampak bencana banjir bandang lahar dingin Gunung Marapi di Nagari Bukik Batabuah, Agam, Sumatera Barat, Selasa (21/5/2024) /ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/

 

Layar Berita - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan telah disiapkan sebanyak 335 unit rumah baru yang tahan bencana untuk korban banjir lahar dingin Gunung Marapi di Sumatera Barat.

"Rumah yang disiapkan adalah rumah instan sederhana sehat (Risha), yang bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Rabu 22 Mei 2024.

Rumah Risha adalah salah satu rumah berdesain bangunan tahan terhadap bencana yang secara umum seperti gempa bumi. Oleh karena itu, BNPB menilai keberadaannya ideal untuk ditempati oleh warga terdampak di Sumatera Barat yang rawan bencana.

Baca Juga: Kabupaten Agam Ditetapkan Darurat Siaga Bencana 14 Hari Pasca Banjir Bandang dan Lahar Dingin

Menurut dia, rumah tersebut secara simbolis telah diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada ratusan warga korban bencana di Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam saat melakukan kunjungan meninjau lokasi terdampak bencana di daerah itu, Selasa 21 Mei 2024.

Ratusan unit tersebut nantinya akan didirikan di atas lahan yang sementara ini juga telah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Agam, seluas 100 hektare dan Kabupaten Tanah Datar, seluas 10 hektare.

"Tapi proses pendataan masih terus berlangsung. Sejauh ini di Kabupaten Agam sudah ada 100 kepala keluarga yang menyatakan siap untuk direlokasi menempati rumah yang disiapkan itu," ujar Kapus Abdul.

Ia memastikan, opsi relokasi menempati rumah baru tersebut diprioritaskan kepada warga yang terdampak langsung bencana banjir lahar dingin Gunung Marapi, pada Sabtu 11 Mei 2024 kemarin.

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: bnpb.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah